Harga Pakan Ternak Tinggi, Ini Pengaruhnya ke Widodo Makmur

Market - Emir Y, CNBC Indonesia
20 September 2021 16:20
Chief Executive Officer (CEO) Widodo Makmur Perkasa Tumiyana

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga pakan ternak yang tinggi banyak membuat peternak pusing. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah memberikan arahan untuk harga makanan ayam yang berbahan dasar jagung ini turun menjadi Rp 4.500 per kilogram, usai menerima kunjungan peternak Suroto.

Namun kondisi ini ternyata belum dirasakan peternak besar. Seperti PT Widodo Makmur Perkasa Tbk juga menjelaskan dari perusahaanya sudah membangun strategi untuk menjaga harga pasokan untuk pakan ternak.

"Kalau dibilang tidak ada pengaruh gak mungkin, tentu ada pengaruhnya, tapi Widodo Makmur punya on farm 55% untuk kebutuhan pakan ternak, dari kebutuhan intake untuk tahun depan," kata CEO PT Widodo Makmur Perkasa Tbk, Tumiyana, saat dikunjungi, Senin (20/9/2021).


Namun pengaruhnya masih kecil bagi perusahaan. Karena dari penjualan produk akhir masih bisa menutup cost yang berlebih itu.

"Meski sekarang ini banyakan masih beli. Makanya berpengaruh pasti, karena desain harga itu di Rp 5.500 tapi sekarang di pasar sudah 6.000, ada kenaikan Rp 500, itu berdampak pada cost production peningkatan 2,5% dari sisi pakan," tambahnya.

Makanya tahun ini dia masih optimis perusahaannya masih bisa tumbuh 300% dari tahun lalu, atau di atas Rp 7 triliun.

"Itu cycle bisnis, saat ini sedang kontraksi saja, tapi nanti akan ketemu angka keseimbangannya. Kalau sedang tinggi, peternak rakyat bisa mengkonversi jagung ke sorgum, atau gandum. Tapi di perusahaan kita masih tetap menggunakan jagung," katanya.

Sebelumnya kalangan peternak pada pekan lalu sudah menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan. Peternak mengeluhkan harga pakan jagung yang melambung tinggi sehingga banyak yang mengalami kerugian.

Presiden sudah menginstruksikan kepada jajaranya untuk menyelesaikan masalah kenaikan harga pangan ini. Keputusannya, Jokowi telah menginstruksikan kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi untuk menekan harga pakan jagung menjadi di kisaran Rp 4.500 kilogram.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading