Gandeng FDS, Bank Banten Transformasi Layanan Digital

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
17 September 2021 18:10
Acara Bank Banten dan FDS, dok. Bank Banten Foto: Acara Bank Banten dan FDS, dok. Bank Banten

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk (Bank Banten/BEKS) bekerjasama dengan PT Fortress Data Services (FDS) untuk menyiapkan layanan digital perseroan.

Melalui FDS, nantinya Bank Banten mempersiapkan transformasi digital, baik bagi nasabah hingga operasional perbankan menggunakan teknologi dari Amazon Web Services (AWS), komputasi awan dari Amazon.

Direktur Utama Bank Banten, Agus Syabarrudin menjelaskan, kerja sama Bank Banten dengan FDS adalah bagian dari inisiatif dalam menjalankan transformasi untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan calon nasabah yang akan menggunakan jasa dan layanan Bank Banten.

"Kami melakukan transformasi untuk menyediakan produk dan layanan keuangan serta mengoptimalkan layanan ke nasabah-nasabah. Kami percaya bahwa, kerjasama dengan FDS akan mendapatkan nilai lebih bagi perusahaan," kata Agus, dalam konferensi pers usai penandatanganan kerja sama, Jumat (17/9/2021) di Kantor PT DCI Indonesia Tbk (DCII), Cibitung, Jawa Barat.

Agus mengungkapkan, transformasi digital dilakukan perseroan mengingat Bank Banten memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan layanan digital.

Pasalnya, captive market emiten bersandi BEKS ini adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang jumlahnya mencapai hampir 80.000.

Di sisi lain Provinsi Banten juga dilalui oleh kawasan bandara internasional dan pelabuhan sebagai tempat transit Pulau Jawa dan Sumatera. Selain itu, Banten juga dikelilingi oleh kawasan industri strategis dan pariwisata.

"Potensi yang ada di Banten cukup besar, lokasi tempat transit Sumatera-Jawa. Transportasi udara, darat dan laut banyak melalui Provinsi Banten. PDB di Banten Rp 40-50 triliun, ini merupakan captive market," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan sama, Direktur Utama FDS, Sutjahyo Budiman mengatakan, nantinya FDS menggunakan AWS untuk mengimplementasikan sistem transformasi di Bank Banten.

Selain itu, FDS juga bekerjasama dengan perusahaan data center milik Toto Sugiri dan Anthoni Salim, DCI Indonesia (DCII) untuk memastikan keandalan sistem data center Bank Banten.

"FDS mendukung dari sisi sistem informasi dan teknologi Bank Banten," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Soal Kerja Sama Cloud Amazon, Ini Bocoran Bos Bank Banten!


(tas/tas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading