Blibli Caplok RANC & GoTo Masuk MPPA, Begini Masa Depan Ritel

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
17 September 2021 15:40
Ranch Market/dok Grand Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan e-commerce, PT Global Digital Niaga atau lebih dikenal dengan Blibli.com dari Grup Djarum dalam proses negosiasi untuk mengakuisisi PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC) atau pengelola Ranch Market.

Dalam keterangan resmi perusahaan di media massa, dipublikasikan Kamis kemarin (16/9), Blibli mengakuisisi kepemilikan dari 7 entitas pemegang sahamnya.

Rencana pengambilalihan 51% saham RANC oleh Blibli disebut sebagai upaya perusahaan untuk mengembangkan ekosistem bisnisnya.


CEO sekaligus Co-Founder Blibli Kusumo Martanto, kepada CNBC Indonesia mengatakan perusahaan terus fokus membangun kepercayaan, memberikan pengalaman ritel terbaik, memastikan pemenuhan

Dia menjelaskan, rencana strategis ini sejalan dengan langkah perusahaan untuk menumbuhkan bisnis yang sudah solid dengan menjadi solusi bagi seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalam ekosistem bisnisnya.

Sebelumnya perusahaan rintisan teknologi, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek, mengakuisisi 4,76 % Saham emiten ritel milik Grup Lippo yakni Matahari Putra Prima Atau MPPA. Gojek mengakuisisi saham MPPA melalui unit usahanya PT Pradipa Darpa Bangsa/ dari pemegang saham utama MPPA yakni Multipolar atau MLPL.

Gojek yang bersama Tokopedia membuat konglomerasi bisnis GoTo, terlihat ingin mengintegrasi bisnis digital dengan retail konvensional, sementara MPPA juga ikut diuntungkan dengan meluasnya jangkauan konsumenmelalui platform online.

Akibat masuknya Gojek, Penjualan MPPA yang merupakan pengelola pusat belanja dan grosir Hypermart meningkat pesat karena melalui patform online. Akhir Juni lalu Corporate Secretary MPPA Danny Kojongian mengungkapkan, penjualan online meningkat drastis, khususnya satu minggu terakhir yakni mencapai 8% dari total penjualan.

"Penjualan online melalui platform Tokopedia memberikan kinerja yang sangat baik, kami telah mencapai lebih dari 1.600 order penjualan dalam beberapa hari terakhir dengan tertinggi 1.900 order penjualan dalam satu hari," ungkap Danny dalam keterangan tertulis, Rabu (30/6/2021).

Selain itu Hypermart juga berintegrasi untuk melakukan penjualan online melalui platform GoMart besutan Gojek.

Pasar Ritel Tradisional Mulai Tergerus
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading