Analisis

Indeks Dolar AS Bisa Jeblok di September, Rupiah Aman?

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
02 September 2021 15:07
foto ilustrasi dollar

Jakarta, CNBC Indonesia - Tekanan bagi dolar Amerika Serikat (AS) bertambah lagi pasca simposium Jackson Hole. Indeks dolar AS yang kemarin sempat menguat malah berbalik merosot lagi pasca rilis data tenaga kerja versi Automatic Data Processing Inc. (ADP).

Sepanjang bulan Agustus, indeks dolar AS masih mampu mencatat penguatan 0,5%. Penguatan tersebut bisa lebih besar lagi seandainya dolar AS tidak jeblok pada pekan lalu hingga Selasa (31/8/20210.

Memasuki bulan September, indeks dolar AS sempat menguat 0,18%, tetapi kemudian berbalik melemah 0,2% ke 92,449.


Lantas, apakah dolar AS akan tertekan sepanjang bulan ini?

idr

Gambaran lebih jelas bagaimana kinerja dolar AS akan bisa dilihat besok malam, pasca rilis data tenaga kerja AS versi pemerintah. Data ini merupakan salah satu acuan bank sentral AS (The Fed) untuk memutuskan kapan mulai melakukan tapering.

Hasil survei Reuters menunjukkan data non-farm payrolls (NFP) atau penyerapan tenaga kerja di luar sektor pertanian, yang diperkirakan sebanyak 750.000 orang di bulan Agustus. Kemudian tingkat pengangguran diprediksi turun menjadi 5,2% dari sebelumnya 5,4%. Selain itu ada juga rata-rata upah per jam.

"Melihat pergerakan dolar AS, pelaku pasar kini melihat NFP kemungkinan di bawah ekspektasi, di kisaran 550.000 hingga 600.000," kata Chris Weston, kepala riset di Papperstone, perusahaan pialang di Melbourne yang dikutip Reuters.

Artinya, ketika data NFP lebih rendah dari ekspektasi, maka kemungkinan tapering dilakukan lebih cepat akan semakin meredup.

ADP kemarin malam melaporkan sepanjang bulan Agustus perekonomian AS menyerap tenaga kerja di luar sektor pertanian dan pemerintahan sebanyak 374.000 tenaga kerja, jauh lebih rendah dari prediksi di Forex Factory sebanyak 640.000 tenaga kerja.

Kabar buruknya bagi dolar AS, data dari ADP bisanya dijadikan gambaran data tenaga kerja versi pemerintah. Ketika data dari ADP mengecewakan, ada kemungkinan data dari pemerintah juga sama. Tetapi tidak menutup kemungkinan kebalikannya, data versi pemerintah justru lebih bagus dari prediksi.

Sehingga gambaran kemana arah dolar di bulan ini bisa terlihat Jumat besok.

HALAMAN SELANJUTNYA >>> Tapering dan Nasib Rupiah

Tapering dan Nasib Rupiah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading