Crazy Rich Singapura Ini Hartanya Rp 175 T, dari Game-Shopee!

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
02 September 2021 11:15
Gang Ye, dok Forbes

Jakarta, CNBC Indonesia - Satu lagi pengusaha yang berhasil mengumpulkan pundi-pundi harta dari sektor teknologi dan internet masuk dalam jajaran orang terkaya di Singapura.

Gang Ye, salah satu pengembang game seluler Free Fire yang sangat digemari di Tanah Air diperkirakan memiliki kekayaan mencapai US$ 12,1 miliar atau setara dengan Rp 175,45 triliun (kurs Rp 14.500/US$) pada 2 September 2021.

Informasi ini mengutip data dari Forbes Real Time Billionaires yang mencatat kekayaan taipan di seluruh dunia secara real time.


Gang Ye merupakan rekan dari Forrest Li, bersama David Chen mereka bertiga membangun perusahaan konsumer teknologi raksasa Sea Ltd, yang menguasai pasar e-commerce dan gaming di Asia Tenggara.

Sama seperti rekannya, Ya juga merupakan imigran dari China, yang pindah ke Singapura saat remaja dan menjadi warga negara segera setelah kembali dari AS dan memperoleh gelar Ilmu Komputer dan Ekonomi dari Carnegie Mellon University.

Gang Ye, dok Sea LtdFoto: Gang Ye, dok Sea Ltd
Gang Ye, dok Sea Ltd

Situs resmi Sea mencatat, sejak Maret 2010 Gang Ye telah menjadi anggota dewan direksi Sea Group, induk e-commerce Shopee.

Selanjutnya Gang menjabat sebagai Chief Operating Officer Sea Group sejak Januari 2017 setelah menduduki posisi chief technology officer dari Maret 2010 hingga Desember 2016.

Gang Ya juga pernah menjabat sebagai anggota Komite Ekonomi Masa Depan Singapura (Committee on the Future Economy) yang beranggotakan 30 orang, diketuai bersama oleh Menteri Keuangan dan Menteri Perdagangan dan Industri (Industri) Singapura, untuk mengembangkan strategi ekonomi masa depan. Selain itu ia juga pernah berkarir di perusahaan yang didirikan oleh taipan kelapa sawit Indonesia Wilmar International.

NEXT: Kontribusi Free Fire

Kontribusi Free Fire
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading