Top! Harta Bos Induk Shopee Rp 270 T, Terkaya ke-2 Singapura

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
01 September 2021 11:25
Forrest Li (PHOTO BY CHEW SENG KIM/SPH/NEWSCOM)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harta kekayaan pendiri Sea Ltd, induk perusahaan e-commerce Shopee, Forrest Li, tercatat naik US$ 359 juta atau setara dengan Rp 5,20 triliun (kurs Rp 14.500/US$) pada 1 September 2021.

Informasi ini mengutip data dari Forbes Real Time Billionaires yang mencatat kekayaan taipan di seluruh dunia secara real time.

Forbes menaksir total harta yang dimiliki pendiri dari e-commerce raksasa Asia Tenggara serta perusahaan game Garena ini mencapai US$ 18,6 miliar atau setara dengan Rp 269,7 triliun. Jumlah kekayaan tersebut menobatkan Li menjadi orang terkaya nomor dua di Singapura.


Kekayaan Li hampir sepenuhnya diperoleh dari kepemilikan sahamnya di perusahaan konsumer teknologi yang melantai di Bursa Efek New York (NYSE/ Wall Street), Sea Ltd.

Forrest Li/Dok Sea LtdFoto: Forrest Li/Dok Sea Ltd
Forrest Li/Dok Sea Ltd

Menurut prospektus awal yang terbit di situs resmi US Securities and Exchange Commission (SEC) atau Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat, sebelum melantai di bursa Li menggenggam 56,12 juta saham biasa Sea Ltd atau setara 20,7%.

Kenaikan jumlah harta kekayaan Li merupakan buah dari kinerja saham Sea yang cukup gemilang belakangan ini.

Pada penutupan perdagangan Selasa kemarin (31/8) di Wall Street, saham Sea tercatat naik 1,96% ke level US$ 338,32 per saham, dalam sepekan saham ini juga meningkat 7,60% dan selama sebulan terakhir melonjak 20,27%. Kapitalisasi pasar Sea tercatat sebesar US$ 181,99 miliar.

Forbes mencatat, Forrest Li lahir di Tianjin, Cina, Li beremigrasi ke Singapura tak lama setelah mendapatkan gelar di bidang teknik dari Shanghai Jiaotong University, dan MBA dari Stanford Graduate School of Business.

Pada Maret 2019, setelah harga saham perusahaan konsumer internet yang dia dirikan, Sea Ltd meningkat sebesar 45% di Wall Street atau Bursa Efek New York (NYSE), kekayaan bersih Li meningkat menjadi lebih dari US$ 1 miliar atau setara Rp 14,5 triliun.

Sea Ltd pertama kali diperdagangkan sebagai perusahaan publik mendekati akhir tahun 2017, sejak awal melantai di Wall Street harga sahamnya telah meningkat hingga 1980%.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading