Internasional

Sah! Senat Loloskan Paket Infrastruktur Raksasa Biden US$ 1 T

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 August 2021 07:45
Biden gelar pesta di gedung putih. (AP/Patrick Semansky)

Jakarta, CNBC Indonesia - Senat Amerika Serikat (AS) akhirnya meloloskan paket infrastruktur bipartisan senilai US$ 1 triliun, yang merupakan agenda utama pemerintahan Presiden Joe Biden pada Selasa waktu setempat.

Dana super jumbo tersebut akan dipergunakan pemerintah untuk berinvestasi secara besar-besaran di sektor infrastruktur dalam beberapa dekade ke depan, seperti pembangunan jalan, jembatan, bandara, hingga saluran air.


Pemungutan suara berakhir dengan hasil akhir 69 - 30 dari total 100 kursi parlemen yang ada, di mana 19 anggota Partai Republik memberikan restu meloloskan paket tersebut, seperti dilansir Reuters, Rabu (11/8/2021).

Pasca persetujuan tersebut, Senat AS membuka kemungkinan untuk meloloskan paket lanjutan senilai US$ 3,5 triliun yang direncanakan Partai Demokrat tanpa adanya pemungutan suara dari Partai Republik.

"Hari ini, Senat mengambil langkah yang tertunda selama beberapa dekade untuk merevitalisasi infrastruktur Amerika. Untuk pekerja kami, dunia usaha kami, yang menjadi bagian kesuksesan kami di abad ke 21," kata Pimpinan Mayoritas Senat Chuck Schumer, jelang pemungutan suara, seperti dilansir CNBC International.

Lolosnya RUU tersebut mengakhiri kerja keras Gedung Putih dalam beberapa bulan terakhir. Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk memperbaiki jalan, kereta api, angkutan umum, sistem saluran air dan jaringan listrik, hingga broadband.

Kongres selama bertahun-tahun memang gagal menyepakati paket stimulus infrastruktur yang komprehensif, kendati kebijakan ini menurut para pendukung dari kedua partai dapat meningkatkan geliat perekonomian dan menciptakan lapangan kerja.

"UU ini akan memodernisasi dan memperbaharui jalan, jembatan, pelabuhan, dan aset infrastruktur lainnya," tulis pernyataan 10 anggota senat yang menyusun RUU tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Dengan demikian, undang-undang ini akan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan produktivitas, dan membuka jalan bagi pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran selama beberapa dekade, tanpa harus menaikkan tarif pajak atau mengerek inflasi,"

Paket stimulus infrastruktur ini juga mencakup pendanaan senilai US$ 550 miliar yang mencakup US$ 110 miliar untuk jalan dan jembatan, US$ 73 miliar untuk peningkatan jaringan listrik, US$ 66 miliar untuk kereta api dan Amtrak.

Selain itu, dana sekitar US$ 65 miliar untuk ekspansi broadband, US$ 55 miliar untuk air minum bersih, dan US$ 39 miliar untuk transit.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading