Singapura Longgarkan 'Lockdown', Kurs Dolarnya ke Rp 10.600

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
10 August 2021 10:33
FILE PHOTO: A Singapore dollar note is seen in this illustration photo May 31, 2017.     REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Dolar Singapura bangkit dari level terendah dalam hampir 6 bulan terakhir melawan rupiah pada perdagangan Selasa (10/8/2021).

Meski demikian, Mata Uang Negeri Merlion ini masih berada di kisaran Rp 10.600/SG$. Singapura yang mulai melonggarkan "lockdown" memberikan dampak positif ke mata uangnya.

Pada pukul 9:43 WIB, SG$ 1 setara Rp 10.601,83, dolar Singapura menguat 0,24% di pasar spot, melansir data Refinitiv. Kemarin, dolar Singapura melemah 0,16% ke Rp 10.575,93/SG$ yang merupakan level terendah sejak 19 Februari lalu.


Pada Jumat pekan lalu, pemerintah Singapura akan melonggarkan pembatasan sosial mulai Selasa (10/8/2021), yakni hari ini. Sebab, jumlah warga yang sudah divaksinasi mengalami peningkatan yang signifikan.

Sebelumnya, pengetatan pembatasan sosial dilakukan sejak 22 Juli lalu, dan berlangsung hingga 18 Agustus, guna meredam penyebaran virus corona. Tetapi sebelum berakhir, pelonggaran sudah dilakukan, yang menjadi indikasi Singapura sukses meredam penyebaran penyakit akibat virus corona (Covid-19) lebih cepat dari perkiraan.

Menteri Kesehatan Singapura, Ong Ye Kung, mengatakan jumlah penambahan kasus Covid-19 mampu diredam sejak pemberlakuan "lockdown", sementara jumlah warga yang sudah mendapatkan vaksin penuh di awal pekan ini ditargetkan sebanyak 70%, naik signifikan dibandingkan sebelum "lockdown" sebanyak 40% dari total populasi.

"Kami berhasil mencegah infeksi virus corona yang tidak terkendali, sakit yang para hingga kematian," kata Ong, sebagaimana dilansir CNBC International, Jumat (6/8/2021).

Pelonggaran pembatasan sosial yang mulai berlaku hari ini di antaranya untuk berkumpul dibatasi menjadi maksimal 5 orang, dibandingkan sebelumnya 2 orang saja. Kemudian restoran sudah diizinkan menerima makan ditempat (dine in) maksimal 5 orang, dengan syarat sudah mendapat vaksinasi penuh.

Selain itu, perbatasan internasional juga bisa menerima kedatangan pekerja yang sudah divaksinasi penuh. Dan mulai 20 Agustus mendatang akan mengizinkan wisatawan dari beberapa negara untuk berkunjung, dengan syarat vaksinasi penuh.

Indonesia juga melonggarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Kemarin, pemerintah kembali memperpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 16 Agustus mendatang. Sementara di luar Jawa-Bali diperpanjang selama dua 2 pekan.

Meski demikian, pemerintah juga melakukan pelonggaran untuk PPKM Jawa-Bali.

"Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk mal, pusat perbelanjaan di (daerah) level 4 dengan memperhatikan implementasi protokol kesehatan," ujar Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam taklimat media, Senin (9/8/2021).

Menurut dia, uji coba pembukaan pusat perbelanjaan dan mal akan dilakukan di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya dengan kapasitas pengunjung 25%. Uji coba berlangsung sepekan ke depan dengan protokol kesehatan yang ketat.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading