Harga CPO Naik Sih, Tapi Hati-hati Bisa Jatuh Lagi!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
04 August 2021 11:40
Ilustrasi kelapa sawit. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) bergerak naik pada perdagangan jelang siang ini. Sepertinya investor mulai memborong kontrak CPO karena harga memang sudah turu tajam.

Pada Rabu (4/8/2021) pukul 10:18 WIB, harga CPO di Bursa Malaysia adalah MYR 4.144/ton. Naik 0,58% dari hari sebelumnya.

Kemarin, harga CPO anjlok sampai 5,7%. Hari sebelumnya harga juga terkoreksi 1,31%. Dengan demikian, harga komoditas ini sudah terpangkas nyaris 7% hanya dalam dua hari.


Oleh karena itu, sekarang harga CPO sudah murah. Ini yang membuat investor kembali melirik dan memborong kontrak CPO. Hasilnya, harga berhasil naik lagi.

cpo

Akan tetapi, Analis Komoditas Reuters Wang Tao memperkirakan harga CPO masih akan berada di fase konsolidasi. Dalam waktu dekat, harga akan bergerak di kisaran MYR 4.105-4.197/ton dalam satu atau dua hari untuk kemudian turun lagi.

"Target harga berada di sekitar MYR 4.012/ton. Selesainya proses konsolidasi akan ditandai ketika harga bisa naik dan menyentuh MYR 4.197/ton. Penembusan di titik ini akan membawa ke MYR 4.312/ton," tulis Wang dalam riset hariannya.

cpoSumber: Reuters

Akan tetapi, Wang memperingatkan bahwa risiko koreksi harga untuk saat ini lebih dominan. Titik support terdekat ada di MYR 4.116/ton yang jika tertembus bisa mengarah ke MYR 4.105/ton.

"Koreksi yang terjadi belakangan lumayan dalam. Rasanya investor tidak bisa berharap banyak dari rebound yang terjadi hari ini," demikian Wang.

cpoSumber: Reuters

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading