Spekulator Jual Semua Mata Uang Asia, tapi Ada Kabar Baik nih

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
30 July 2021 15:09
Ilustrasi Penukaran Uang (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar buruk bagi mata uang utama utama Asia datang di pekan ini. Spekulator menambah posisi jual (short), bahkan terhadap yuan China.

Alhasil, semua mata uang utama Asia, kini berada dalam posisi jual dan lebih memilih dolar Amerika Serikat (AS). Meski demikian, kabar baiknya ada peluang posisi tersebut berubah, sebab dolar AS sedang dalam tekanan dalam 2 hari terakhir, dan ada kemungkinan hingga beberapa bulan ke depan.

Posisi jual seluruh mata uang Asia terlihat dari survei 2 mingguan Reuters yang terbaru. Pelaku pasar sebelumnya mengambil posisi beli (long) mata uang yuan sejak April lalu, kini berbalik mengambil posisi jual.


Survei tersebut menggunakan skala -3 sampai 3, angka negatif berarti pelaku pasar mengambil posisi beli (long) mata uang Asia dan jual (short) dolar AS. Semakin mendekati -3 artinya posisi long yang diambil semakin besar.

Sementara angka positif berarti short mata uang Asia dan long dolar AS, dan semakin mendekati angka 3, semakin besar posisi short mata uang Asia.

idr

Survei terbaru yang dirilis Kamis (29/7/2021) menunjukkan angka untuk rupiah di 0,27, sedikit lebih buruk dari 2 pekan lalu 0,23.

Sementara itu angka untuk yuan China sebesar 0,27, dari sebelumnya -0,15. Yuan sebelumnya menjadi satu-satunya mata uang Asia yang disurvei Reuters yang masih berada dalam posisi beli, sebelum berbalik menjadi jual.

Berbaliknya posisi pelaku pasar tersebut akibat tindakan keras pemerintah China terhadap sektor swasta yang memicu kecemasan di pasar finansial.

Meski posisi jual pelaku pasar terhadap rupiah bertambah, tetapi menjadi yang terbaik kedua setelah yuan China. Sementara bath Thailand dan ringgit Malaysia menjadi yang terburuk dengan angka 1,49 dan 1,4.

Survei tersebut dilakukan Reuters sebelum bank sentral AS (The Fed) mengumumkan kebijakan moneter di pekan ini. Sehingga ada peluang disurvei berikutnya posisi mata uang Asia akan membaik, sebab dolar AS jeblok pasca pengumuman The Fed.

HALAMAN SELANJUTNYA >>> Indeks dolar AS Sentuh Level Terendah 1 Bulan

Indeks dolar AS Sentuh Level Terendah 1 Bulan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading