Update Orang Terkaya RI, Ada yang Hartanya Melesat Rp 4 T!

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
27 July 2021 12:20
Chairul Tanjung Founder & Chairman CT Corp dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema Foto: Chairul Tanjung Founder & Chairman CT Corp dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema

6. Chairul Tanjung

Di posisi keenam ada Chairul Tanjung yang kekayaannya mengalami penurunan sebesar US$ 28 juta (Rp 406 miliar) dalam sehari. Pundi-pundi Chairul tercatat US$ 4,0 miliar atau Rp 58 triliun.

Kekayaan Chairul yang berkurang ini membuatnya turun menjadi orang terkaya nomor enam dari sebelumnya di posisi lima dengan harta Rp US$ 4,8 miliar atau Rp 69,6 triliun di 2020.

Sedangkan di dunia Chairul Tanjung tercatat sebagai orang terkaya posisi ke 783.

Chairul Tanjung merupakan pemilik CT Corp dengan sejumlah diversifikasi bisnis. Pengusaha Indonesia berusia 58 tahun ini memiliki perusahaan media, termasuk online dan televisi. Ia juga memiliki bisnis ritel melalui Carrefour dan Transmart. Ia juga mengontrol franchise Wendy's di Indonesia, Versace, Mango dan Jimmy Choo.

Beberapa perusahaan yang menjadi portofolio investasi CT Corp di antaranya PT Bank Mega Tbk (MEGA), PT Bank Mega Syariah, PT Mega Capital Sekuritas, PT Mega Asset Management, PT Mega Finance, PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA), Trans Resort Bali, CT Agro, Transmedia, dan The Trans Luxury Hotel Bandung.

Terbaru, dia membeli saham mayoritas PT Bank Harda International Tbk (BBHI) dan mengganti nama bank menjadi Allo Bank Indonesia.

7. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Posisi ketujuh orang terkaya di Indonesia diisi oleh Eddy Kusnadi Sariaatmadja dengan total kekayaan US$ 3,6 miliar atau Rp 52,2 triliun.

Eddy Kusnadi adalah pendiri salah satu perusahaan media di Indonesia yakni grup Emtek (PT Elang Mahkota Teknologi Tbk/EMTK) pada tahun 1983 lalu. Pada tahun 2020 lalu, ia sempat terdepak dari daftar orang terkaya di dunia dan pada tahun ini kembali lagi.

Dalam sehari kekayaannya bertambah US$ 71 juta (Rp 1,03 triliun). Total kekayaan pria berusia 67 tahun ini naik dibandingkan dengan posisi awal tahun 2021 lalu yang tercatat US$ 3 miliar atau Rp 43,5 triliun.

Grup Emtek diketahui menaungi tiga stasiun televisi yakni SCTV, Indosiar dan O Channel. Saat ini anaknya Alvin Sariaatmadja menjabat sebagai presiden direktur Emtek.

Emtek juga menjalin kerjasama dengan Alibaba's Ant Financial untuk sistem pembayaran digital di Indonesia.

8. Keluarga Dato' Sri Tahir

Keluarga Tahir berada di urutan 956 orang terkaya di dunia. Sedangkan di Indonesia berada di posisi kedelapan.

Total kekayaan keluarga Tahir tahun ini tercatat US$ 3,4 miliar atau Rp 49,3 triliun. Harta ini naik tipis dari publikasi awal tahun ini yang tercatat sebesar US$ 3,3 miliar atau Rp 47,85 triliun.

Kekayaan Tahir yang berkurang ini yang membuatnya turun dari posisi orang terkaya nomor empat di Indonesia dan 437 dunia pada tahun 2020 lalu.

Keluarga Tahir diketahui sebagai pengusaha, investor, sekaligus pendiri Mayapada Group (PT Bank Mayapada Tbk/MAYA). Perusahaan ini membawahi holding company yang memiliki beberapa unit bidang usaha, seperti perbankan, TV berbayar, media cetak, properti, sampai rumah sakit.

Sebagai informasi, kekayaan Tahir telah turun sejak tahun 2019 lalu. Di 2019 kekayaan Tahir tercatat US$ 4,5 miliar dan tahun 2020 turun menjadi US$ 4,1 miliar dan di 2021 menjadi US$ 3,3 miliar.

9. Djoko Susanto

Djoko Susanto menjadi orang terkaya nomor 9 di Indonesia dan 1.536 di dunia sama dengan Mochtar Riady dan Theodore Rachmat. Total kekayaannya saat ini US$ 2,2 miliar atau Rp 31,9 triliun.

Kekayaan Djoko Susanto naik dibandingkan dengan awal tahun 2021 yang tercatat US$ 1,7 miliar atau Rp atau Rp 24,65 triliun. Djoko diketahui sebagai pendiri industri ritel yakni Alfamart (PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk/AMRT) yang saat ini memiliki lebih dari 16.000 gerai di seluruh Indonesia.

10. Mochtar Riady dan Keluarga

Mochtar Riady berada di posisi ke-10 sebagai orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya tahun ini tercatat US$ 2,1 miliar atau Rp 30,45 triliun.

Adapun kekayaan pria berusia 92 tahun ini bertambah dari posisi awal tahun ini sebesar US$ 1,7 miliar (Rp 24,65 triliun). Dan saat ini ia menjadi orang terkaya nomor 1.576 di dunia.

Saat ini perusahaannya dijalankan oleh anaknya James dan Stephen. Ia memiliki sejumlah usaha dari real estate, ritel, kesehatan, media serta pendidikan. Cucunya John kini menjalankan e-commerce MatahariMall. Ia juga menjalankan bisnis digital bank, Bank Nobu. John Riady juga menjadi CEO PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Data Realtime, Cek Daftar 22 Orang Terkaya di Indonesia!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading