Kejar Modal Rp20 T, Bank JTrust Rights Issue 4,6 Miliar Saham

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
22 July 2021 10:40
J Trust Bank

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank yang sebelumnya bernama Bank Century, PT Bank JTrust Indonesia Tbk (BCIC) bakal melaksanakan penambahan modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD/rights issue) sebanyak 4.665.700 saham atau setara dengan 46,60% saham seri C dengan nominal Rp 100/saham.

Pelaksanaan rights issue ini ditujukan untuk meningkatkan modal dasar perusahaan menjadi senilai Rp 20 triliun.

Dana hasil HMETD ini oleh perusahaan akan digunakan untuk pemenuhan ketentuan tentang modal inti minimum bank dengan mengonversi setoran dana yang berasal dari pinjaman subordinasi yang sebagian telah dikonversi dan dicatat menjadi modal inti bank.


Dalam pelaksanaannya, induk usaha dan pemegang saham pengendali perusahaan J Trust Co., Ltd., Jepang akan melaksanakan HMETD senilai Rp 600 miliar.

Pelaksanaan ini terdiri dari konversi pinjaman subordinasi III senilai Rp 400 miliar yang telah dikonversi menjadi setoran modal dan dana setoran modal senilai Rp 200 miliar.

Kemudian hak lainnya yang tidak dilaksanakan akan diserahkan kepada JTrust Asia Pte. Ltd., Singapura dengan melakukan kompensasi hak tagih dari pinjaman subordinasi senilai Rp 4955,50 miliar sebagai dana setoran modal inti utama. Selain itu juga dari pinjaman subordinasi senilai Rp 251,62 miliar.

PT Jtrust Investment Indonesia juga akan melaksanakan haknya senilai Rp 15 miliar yang juga merupakan konversi dari pinjaman subordinasi.

Pemegang saham Bank JTrust IndonesiaFoto: Pemegang saham Bank JTrust Indonesia
Pemegang saham Bank JTrust Indonesia

Perusahaan akan meminta izin kepada pemegang sahamnya dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan dilaksanakan pada 23 Juli 2021 mendatang.

Aksi korporasi ini dilakukan dengan menggunakan laporan keuangan yang berakhir pada 31 Maret 2021, sehingga pelaksanaannya tidak akan lebih dari 12 bulan setelah mendapatkan persetujuan dalam RUPS.

BCIC sebelumnya bernama PT Bank Century Tbk, dan sempat ramai karena skandal penggelapan dana nasabah. Pada tanggal 21 November 2008 bank ini diambilalih oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan berubah nama menjadi PT Bank Mutiara Tbk.

Lalu pada tanggal 20 November 2014 PT Bank Mutiara Tbk diambilalih oleh J Trust Co. Ltd. dan pada 29 Mei 2015 berubah nama lagi menjadi PT Bank J Trust Indonesia Tbk.

Dari pasar modal, saham BCIC masih 'tidur' tanpa perdagangan dengan harga terakhir Rp 700/saham dan kapitalisasi pasar Rp 7 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading