Tembus Rp 200 T, Market Cap ARTO Libas 5 Bank BUKU IV

Market - Putra, CNBC Indonesia
21 July 2021 12:17
Bank Jago. Dok: Bank Jago

Jakarta, CNBC IndonesiaBursa saham global kembali dihebohkan dengan kenaikan saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) yang akhirnya menyalip kapitalisasi pasar PT Astra Internasional Tbk (ASII).

Saat ini ARTO tercatat memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 208 triliun yang menjadikan bank digital yang dikendalikan oleh Jerry Ng ini menjadi bank terbesar ke-empat di Indonesia dari segi kapitalisasi pasar.

Melesatnya kapitalisasi pasar ARTO sudah terjadi setahun terakhir dimana ARTO sudah terbang 856% akibat masuknya Gojek melalui GoPay serta GIC sebagai salah satu investor strategis ARTO.


Meskipun terbang tinggi dan bersaing dengan bank BUKU IV (bank dengan modal inti di atas Rp 30 triliun) sejatinya ARTO hanyalah bank BUKU III (bank dengan modal inti Rp 5 triliun - Rp 30 triliun) dimana tercatat per Q1-2021 ARTO hanya memiliki ekuitas sebesar Rp 8 triliun.

Berikut bank-bank raksasa yang kapitalisasi pasarnya sudah terlewati oleh ARTO.

Tercatat saat ini dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp 208 triliun ARTO menjadi bank dengan kapitalisasi pasar ke-empat di bursa. Hanya di bawah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 745 triliun, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan kapitalisasi pasar Rp 473 triliun, dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dengan kapitalisasi pasar Rp 275 triliun.

Saat ini ARTO memiliki kapitalisasi pasar lebih besar dibandingkan dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang memiliki kapitalisasi pasar Rp 92 triliun meskipun ekuitasnya jauh lebih besar dibandingkan dengan ARTO di angka Rp 115 triliun

Selain itu ARTO juga unggul dari PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) yang memiliki kapitalisasi pasar Rp 21 triliun meski merupakan perbankan dengan ekuitas kelima terbesar di bursa di angka Rp 43 triliun.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading