Waspada Utang Mengangkasa! Bukan Cuma RI, Negara Lain Juga

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
19 July 2021 17:05
THR PNS

PPKM Darurat bertujuan mulia yaitu menyelamatkan jutaan nyawa rakyat Indonesia. Namun harga yang harus dibayar sangar mahal, yaitu ekonomi bakal 'mati suri' karena aktivitas dan mobilitas warga yang dibatasi.

Lembaga pemeringkat Moody's Investor Services memperkirakan ekonomi Tanah Air pada 2021 akan tumbuh 4,5%. Dibandingkan dengan level sebelum pandemi, ekonomi Indonesia hanya membaik sedikit.


growthSumber: Moody's Investor Services

Minimnya kegiatan ekonomi berarti setoran pajak juga bakal terganggu. Sebab, penerimaan pajak penggambarkan aktivitas ekonomi. Pajak Penghasilan (PPh), misalnya, dibayarkan ketika terjadi tambahan kekayaan baik individu maupun badan usaha. Sementara Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dikenakan kepada hampir setiap transaksi.

Pada Januari-Mei 2021, penerimaan PPh tercatat Rp 277,56 triliun. Dibandingkan periode yang sama pada 2020, masih turun 1,51%.

pajak

Padahal di saat yang sama, pemerintah harus menambah belanja negara untuk berbagai dukungan kepada masyarakat dan dunia usaha dalam menghadapi PPKM Darurat. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan anggaran untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) naik dari Rp 699,43 triliun menjadi Rp 744,75 triliun.

coronaSumber: Kementerian Keuangan

Halaman Selanjutnya --> Waspadai Risiko Utang 

Waspadai Risiko Utang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading