Inovasi Industri untuk Investasi di Indonesia

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
07 July 2021 20:34
ist

Jakarta, CNBC Indonesia- Pasar Modal Indonesia telah berkembang dan terus ada inovasi yang dilakukan, serta disrupsi dalam perjalanannya. Setiap inovasi yang dilakukan memberikan dampak signifikan, bukan hanya di level regulator, para pelaku pasar seperti perusahaan sekuritas pun ikut berinovasi.

Salah satu perusahaan sekuritas swasta lokal terbesar di Indonesia, yakni Indo Premier Sekuritas memiliki peranan penting dalam inovasi dan disrupsi industri. Pada 2007, Indo Premier meluncurkan Indo Premier Online Technology (IPOT) yang menjadi cikal bakal superapp investasi. Di tahun yang sama, Indo Premier juga meluncurkan produk keuangan yang sudah populer di dunia, yaitu Exchange Traded Fund (ETF), untuk pertama kalinya di Indonesia.

Kini, dengan 26 ETF yang memiliki total dana kelolaan (AUM) sebesar lebih dari Rp 9 triliun, Indo Premier menjadi pionir dan terbesar di Indonesia. Pada 2011, Indo Premier juga membuat terobosan dengan meluncurkan IPOTSyariah, sistem online trading syariah pertama, tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Platform tersebut telah digunakan oleh lebih dari 20.000 investor di Indonesia dan telah menjadi market leader di pasar modal syariah.


Bukan hanya di pasar saham, di industri reksa dana Indo Premier pun memegang peran besar. Pada 2014, Indo Premier meluncurkan IPOTFund yang merupakan supermarket reksa dana dan ETF terbesar di Indonesia dengan lebih dari 270 produk dan lebih dari 40 manajer investasi.

Bukan hanya itu, inovasi yang dilakukan Indo Premier pun berperan pada peningkatan jumlah investor di pasar modal Indonesia yang sangat pesat beberapa tahun terakhir. Perkembangan ini tidak lepas dari penerapan simplifikasi pembukaan rekening secara full online pertama di Indonesia yang dilakukan Indo Premier pada 2018.

Inovasi ini semakin memantapkan aplikasi IPOT sebagai superapp investasi saham, reksa dana, dan ETF sekaligus dengan satu rekening dana nasabah. Inovasi terus berlanjut di tahun ini, kali ini dengan kampanye yang bertajuk #SemuaBisaInvestasi.

Head of Market Development Indo Premier Sekuritas, Banyu Adiputra menjelaskan sejak awal pihaknya berkomitmen untuk mendukung OJK dan SRO dalam meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal. #SemuaBisaInvestasi ini merupakan cerminan dari visi kami bersama yang ditunjang dengan pengembangan infrastruktur dan edukasi secara paralel.

"Dari sisi infrastruktur, keunggulan teknologi yang kami miliki secara mandiri memudahkan akses masyarakat Indonesia untuk mulai berinvestasi dan melakukan perencanaan keuangannya melalui berbagai fitur yang tersedia di IPOTPlan, IPOTPay, IPOTStock, IPOTFund, IPOTSyariah, dan IPOTNews. Sedangkan, dari sisi edukasi, kami terus berupaya agar calon investor pasar modal Indonesia dapat memahami investasinya sendiri melalui berbagai kelas dan konten edukasi yang tersedia secara rutin dan gratis di IPOTJourney yang tentunya juga disajikan sesederhana dan semenarik mungkin," kata Banyu.


Dengan berbagai inovasi yang telah dilakukan tersebut, Indo Premier pun menerima berbagau award lokal maupun internasional sejak 2004. Indo Premier mendapatkan penghargaan Best Retail Brokerage in Indonesia yang diberikan oleh Asiamoney pada tahun 2020 dan Alpha Southeast Asia pada tahun 2021.

"Semoga saja inovasi-inovasi seperti ini terus dilakukan oleh seluruh pihak agar pasar modal Indonesia dapat berkembang lebih pesat lagi di masa depan," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading