BRI Insurance Targetkan Kontribusi Asuransi Mikro Capai 30%

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
06 July 2021 14:16
Direktur Utama BRI Insurance Fankar Umran (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - CEO BRI Insurance Fankar Umran menargetkan kontribusi asuransi mikro mencapai 30% hingga akhir tahun 2021.

"Saya mentargetkan asuransi mikro termasuk lewat agen BRINS itu akan menjadi bisnis utama BRI insurance. Kami targetkan porsi yang bisa dikontribusikan mikro BRINS bisa mencapai 30%. Sekarang baru 16%, tapi saya patok 2021 akan menjadi 30% dari portofolio premi," katanya pada Insurance Week CNBC Indonesia, Selasa (6/7/2021).

Menurutnya, BRINS bekerja sesuai dengan visi misi perusahaan induk yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), khususnya dalam hal menyasar UMKM. Sama halnya dengan BRI, BRINS berharap bisa menjangkau seluruh masyarakat Indonesia.


"Semakin banyak orang berasuransi, nasabah semakin banyak, inklusi finansial semakin baik," imbuhnya.

Terkait UMKM, dia mengatakan ada dua hal penting. Pertama adalah pembinaan, bagaimana UMKM diberi pelatihan agar lebih siap dalam menghadapi pasar.

"Kedua, saat bisa disupport fasilitas kredit dan pendanaan. Kita lupa ada ketiga yaitu proteksi. Kalau bisa berkembang, tumbuh ekspansi, tapi tidak proteksi, saat terpapar risiko bisa collapse. Sehingga UMKM mereka berada di ekonomi pas-pasan. Kalau harus terpapar masalah, tempat usaha terbakar, maka sebenarnya tak ada dana cadangan membangun usaha," terangnya.

Dia menambahkan, guna menjangkau masyarakat lebih luas termasuk pengusaha mikro, ada dua model yang digunakan yaitu konvensional dan cara digital. Cara yang kedua ini dibantu melalui aplikasi BRINS agent.

"Aplikasi bisa digunakan siapa saja. Agen bank, koperasi, sehingga BRINS menjangkau digital, mereka yang gunakan. Ketika menjangkau masyarakat sekitarnya, itu dijangkau secara konvensional. Contoh agen BRILink, saya pegang aplikasi, tinggal menyampaikan kepada masyarakat sekitarnya ada aplikasi seperti ini," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading