Bingung Beli Rumah atau Mobil Dulu? Cek Pertimbangan Ini

Market - dob, CNBC Indonesia
05 May 2021 10:45
BRI Insurance

Jakarta, CNBC Indonesia - Tak bisa dimungkiri, kebutuhan seperti memiliki mobil atau rumah terlebih dahulu masih menjadi perbincangan yang tak lekang oleh waktu. Pekerjaan yang mapan dan berpenghasilan tetap tentu membuat banyak orang mulai menabung demi mewujudkan keinginannya, entah untuk membeli mobil atau mencicil rumah.

"Mau ambil kredit untuk beli mobil ataupun rumah saat ini ada kemudahan, cukup beli saja, tak perlu uang muka. Apalagi sekarang ini pemerintah mendukung bagaimana millennial bisa membeli mobil dengan adanya relaksasi PPnBM sampai kendaraan 1.500 cc. Intinya, mau mobil atau rumah, yang terpenting harus ada proteksi. Hanya dengan Rp300.000-Rp500.000, sudah terproteksi sampai Rp1 miliar," ujar CEO BRI Insurance, Fankar Umran, saat menjadi keynote speaker di acara Ngobrol Seru Bareng BRI Insurance by IDN Times dengan tema "Antara Rumah dan Mobil Mana yang Lebih Penting Dimiliki Dulu" yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting, Youtube Live, dan Instagram Live, belum lama ini.

Nah, untuk lebih detailnya, pastikan kamu baca terus sampai ke bawah karena banyak wawasan yang kamu dapatkan dari berbagai pembicaranya loh!


1. Mobil bisa digunakan untuk pergi ke banyak tempat
Sebelum memilih untuk membeli mobil atau rumah, COO IDN Media, William Putra Utomo, yang menjadi pembicara di acara Ngobrol Seru tersebut juga mengatakan ada tiga prinsip yang mesti dijalankan agar semua yang dijalani berjalan lancar dan sesuai dengan yang kita harapkan.

"Pertama, self control. Kita harus tahu keinginan duniawi kita seperti apa dan harus aware dulu supaya gak jatuh ke dalam lubang tersebut. Kedua, education finance of product. Kita harus tahu ada apa saja education finance seperti saving dan investment. Ketiga, commit and execute. Kalau kita sudah bisa mengontrol keinginan duniawi, lalu hal-hal yang bersifat education finance, dan menjalaninya dengan komitmen pasti akan lancar," jelasnya.

William sendiri berujar bahwa yang lebih penting untuk dimiliki terlebih dahulu adalah mobil dan asuransinya untuk memproteksi kendaraan tersebut.

"Biar bisa pergi ke banyak tempat dengan lebih mudah dan pada akhirnya melancarkan tujuan beli rumahnya," tambahnya.

BRI InsuranceFoto: BRI Insurance

2. Berbagai keuntungan jika memilih rumah terlebih dahulu
Pada kesempatan yang sama, Aghnia Fuad selaku Founder of Suasana Studio berpandangan lebih memilih rumah untuk dimiliki terlebih dahulu. Hal itu karena saat ini sudah semakin banyak kendaraan umum yang disediakan dan lebih gampang.

"Kalau rumah pun misalkan gak ditempatin, bisa dijual lagi dan jatuhnya malah lebih untung," tambahnya.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli rumah dahulu, Aghnia juga memberikan tips seperti cek budget dan lokasi, ataupun keluarga bisa dijadikan pertimbangan, misalnya ingin lebih dekat dengan keluarga. Selain itu, legalitas atau surat-menyuratnya harus jelas seperti IMB, track record pihak developer, kondisi, konstruksi, dan desain rumahnya pun juga harus jadi bahan pertimbangan.

"Kalau untuk rumah, kita juga bisa gak mesti satu waktu semuanya rapi. Ada istilahnya 'rumah tumbuh', bikin dulu master plan-nya. Jadi, semuanya bisa bertahap bagian apa dulu yang mau dibangun dan disesuaikan dengan budget. Satu lagi, untuk meminimalisasi risiko, memiliki rumah juga harus diproteksi," jelas Aghnia.

3. Punya aset apa pun yang terpenting bisa memunculkan ketenangan hati dan pikiran

Den Dimas selaku automotive content creator dan pemilik akun @buburayamracer berpandangan dari sisi komunitas otomotif yang memilih kendaraan terlebih dahulu untuk dimiliki. Hal itu karena mereka menggunakan kendaraan untuk menggunakan tujuan yang dicapai demi mendapatkan berbagai experience ketika memilih kendaraan terlebih dahulu.

"Seperti misalnya ada kenalan saya yang memiliki kendaraan dan digunakan untuk keliling Indonesia demi mendapatkan berbagai experience," tambahnya.

Den Dimas juga berpesan agar hati-hati bagi yang ingin memilih mobil dahulu untuk dimiliki. Kalau memilih kendaraan karena kebutuhan operasional, sebaiknya pilih kendaraan yang lebih simpel, sesuai keperluan, sesuai budget, dan yang terpenting, pastikan pula ketersediaan lahan untuk parkirnya.

Selain itu, William juga mengatakan ada rasio yang menyebutkan bahwa untuk membeli mobil dengan menggunakan skema cicilan atau mencicil rumah, cicilannya tak boleh lebih dari 30 persen per bulan dari penghasilan.

"Yang terpenting 100 persen harus ada proteksinya agar aset yang kita miliki jika terjadi sesuatu kita bisa memproteksinya. Karena ketenangan di hati dan pikiran terkadang orang gak terlalu pentingkan, padahal itu penting," pungkas William.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading