Teluk Meksiko Membara! Pipa Gas Bawah Laut Pemex Terbakar

Market - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
03 July 2021 14:00
Deepwater Horizon/AP Photo/Gerald Herbert, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah pipa gas bawah laut milik perusahaan energi nasional Meksiko Pemex dikabarkan terbakar pada Jumat (3/7/2021) di wilayah perairan Teluk Meksiko di depan Semenanjung Yucatan.

Mengutip Reuters, kebakaran itu terjadi pada pukul 05:15 waktu setempat di pipa bawah laut dekat platform satelit Ku-C Ku-Maloob-Zaap. Kebakaran dilaporkan padam pada pukul 10.30 waktu setempat dan pada pukul 10.45 kegiatan distribusi gas kembali normal.

Sebuah video yang diposting di media sosial pun beredar luas yang menunjukkan tiga kapal mencoba untuk memadamkan api yang muncul dari laut, sangat dekat dengan platform lepas pantai. Pemandangan api itu berbentuk seperti sebuah mata yang muncul dari bawah laut.


Pihak Pemex menyebut bahwa mereka menutup katup interkoneksi di pipa untuk mengendalikan kebocoran gas dan dapat membantu kerja kapal pemadam kebakaran di dekatnya dalam memadamkan api.

Di sisi lain, Pemex menyebut akan menyelidiki kejadian ini. Pihaknya menduga faktor badai menyebabkan kebakaran itu.

"Turbomachinery dari fasilitas produksi aktif Ku Maloob Zaap terpengaruh oleh badai dan hujan lebat," menurut laporan insiden Pemex.

Sementara itu Angel Carrizales, kepala regulator keamanan minyak Meksiko ASEA, menulis di Twitter bahwa insiden itu "tidak menghasilkan tumpahan apa pun ke laut."

Ku Maloob Zaap adalah produsen minyak mentah terbesar Pemex, menyumbang lebih dari 40% dari hampir 1,7 juta barel produksi hariannya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading