Bisnis IndiHome Terancam? Setelah PLN Kini oleh Jasa Marga

Market - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
24 June 2021 15:40
FILE PHOTO: Workers are seen installing fiber optic cables in Perugia, Italy, May 30, 2017. Picture taken May 30, 2017. REUTERS/Stephen Jewkes/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasa Marga Related Business (JMRB) mulai menggeluti bisnis internet. Jasa Marga membangun infrastruktur jaringan fiber optik untuk data internet di Pulau Jawa. Saat ini sudah ada layanan internet BUMN seperti IndiHome milik Telkom dan Iconnet dari PLN.

"Lebih tepatnya penyedia infrastruktur data fiber optik, JMRB mungkin saat ini belum ke arah penyedia internet," kata Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso, kepada CNBC Indonesia, Kamis (24/6/2021).

Cahyo menjelaskan penyediaan infrastruktur ini akan memanfaatkan aset jalan tol Trans Jawa milik Jasa Marga. Tol sepanjang 1.167 kilometer ini akan dibangun jaringan kabel fiber optik untuk penyedia layanan internet.


"JMRB hanya mengoptimalkan potensi yang dimiliki induknya, (Jasa Marga), yang memiliki infrastruktur jalan tol terpanjang di Pulau Jawa," katanya.

Kebutuhan akan jaringan internet di era sekarang memang cukup menggiurkan perusahaan untuk terjun ke bisnis ini. Sebelumnya PT PLN (Persero) juga telah meluncurkan produk layanan internet dengan basis fiber optik yang disebut Iconnet.

Layanan ini tersedia di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Dengan biaya langganan kisaran Rp 185 ribu hingga Rp 427 ribu per bulan dengan kecepatan 10 Mbps hingga 100 Mbps.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading