Saingi IndiHome? Begini Alasan Jasa Marga Masuk Internet

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
25 June 2021 12:45
PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 153.806 kendaraan kembali menuju Jakarta pada H+2 Tahun Baru Islam 1442 H (22 Agustus 2020).  (Dok. Jasa Marga)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten pengelola jalan tol dan infrastruktur, PT Jasa Marga Tbk (JSMR), melalui anak usahanya, PT Jasamarga Related Business (JMRB) menegaskan tidak akan bersaing dengan perusahaan BUMN lainnya dengan core business telekomunikasi seperti PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

Direktur Bisnis Komersial JMRB, Imad Zaky Mubarak mengatakan, perseroan nantinya akan menyediakan jaringan backbone fiber optik di kawasan jalan tol yang dikelola Jasa Marga.

Sebabnya, dari seluruh internet service provider (ISP) yang ada di Indonesia, masih sedikit yang memiliki infrastruktur jaringan sendiri.


JMRB, nantinya akan menyediakan infrastruktur backbone fiber optik yang dapat menjadi alternatif layanan bagi para ISP mengingat Jasa Marga saat ini mempunyai infrastruktur jalan tol terpanjang yang membentang di pulau Jawa.

Tak hanya itu, ke depannya, kata Zaky, bisnis data maupun jaringan potensinya akan makin besar seiring berkembangnya teknologi.

"Ini bukan merupakan saingan [dengan Telkom], KAI [Kereta Api Indonesia] juga punya fiber optik. Kami masuk fiber optik bisa menjadi alternatif pemerataan jaringan bagi pasar pelaku ISP," kata Zaky, saat dihubungi CNBC Indonesia, Jumat (25/6/2021).

Perseroan juga belum bisa membeberkan lebih rinci mengenai nilai investasi yang digelontorkan perseroan.

"Masih dikaji, belum tahu nominal pastinya, perencanaannya gak dalam 1-2 tahun, kita merencanakan untuk jangka panjang," bebernya.

Seperti diketahui, selain Jasa Marga, sebelumnya PT PLN (Persero) juga telah meluncurkan produk layanan internet dengan basis fiber optik yang disebut Iconnet.

Layanan ini tersedia di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Dengan biaya langganan kisaran Rp 185 ribu hingga Rp 427 ribu per bulan dengan kecepatan 10 Mbps hingga 100 Mbps. Sementara Telkom sudah memiliki layanan jasa internet lewat IndiHome.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading