Erick Sebut BUMN Fokus, TLKM-PLN-JSMR Saingan di Internet

Market - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
25 June 2021 08:15
IndiHome (Indihome)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bisnis internet yang sebelumnya dijalani oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) lewat IndiHome kini mulai ramai dengan hadirnya dua perusahaan BUMN lainnya lewat anak usahanya yakni PT PLN (Persero) dan yang terbaru emiten jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR).

Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasa Marga Related Business (JMRB) memang mulai menggeluti bisnis internet.

Emiten jalan tol dan infrastruktur ini membangun infrastruktur jaringan fiber optik untuk data internet di Pulau Jawa. Dengan demikian JSMR meramaikan bisnis internet yang sudah dijalani BUMN seperti IndiHome milik Telkom dan Iconnet dari PLN.


"Lebih tepatnya penyedia infrastruktur data fiber optik, JMRB mungkin saat ini belum ke arah penyedia internet," kata Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso, kepada CNBC Indonesia, Kamis kemarin (24/6/2021).

Cahyo menjelaskan penyediaan infrastruktur ini akan memanfaatkan aset Jalan Tol Trans Jawa milik Jasa Marga. Tol sepanjang 1.167 kilometer ini akan dibangun jaringan kabel fiber optik untuk penyedia layanan internet.

"JMRB hanya mengoptimalkan potensi yang dimiliki induknya [Jasa Marga] yang memiliki infrastruktur jalan tol terpanjang di Pulau Jawa," katanya.

Sebelumnya PLN juga telah meluncurkan produk layanan internet dengan basis fiber optik yang disebut Iconnet.

Layanan ini tersedia di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Dengan biaya langganan kisaran Rp 185 ribu hingga Rp 427 ribu per bulan dengan kecepatan 10 Mbps hingga 100 Mbps

Baik IndiHome maupun Iconnet memiliki banyak paket yang bisa digunakan masyarakat. Indihome misalnya tersedia mulai dari Rp 275.000.

Indihome juga memiliki tiga pilihan paket yakni internet only atau 1P, internet + telepon/TV (2P) dan Internet + telepon + TV (3P). Ketiganya juga hadir dengan pilihan harga berbeda sesuai dengan kecepatan yang ditawarkan.

Biaya pemasangan Indihome adalah Rp 150.000 dan ditagih kan pada bulan pertama saja. Sementara pengguna yang berlangganan Paket 2P (Internet+phone) dengan bonus Smart, biaya pasang baru dan instalasi Smart Camera senilai Rp 175.000 dan juga akan ditagih kan di bulan pertama.

NEXT: Erick Thohir soal BUMN Fokus Core Business

Erick Thohir soal Core Business BUMN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading