Cuan! BUMN SMI Setor Dividen Rp 572 M ke Sri Mulyani

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
24 June 2021 16:20
Menteri Keuangan Sri mulyani Memberikan Keterangan Pers mengenai APBN KITA (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI, perusahaan BUMN special mission vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan, mengumumkan akan membagikan dividen sebesar 30% dari laba bersih perseroan pada tahun 2020, dengan nilai mencapai Rp 572,02 miliar.

Adapun 70% sisanya digunakan untuk cadangan umum perusahaan sebesar 30% dan 40% lainnya ditetapkan sebagai laba ditahan.

Keputusan tersebut merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT SMI yang diadakan secara virtual pada hari Selasa, 22 Juni 2021 melalui media video conference, sebagaimana dikutip dari keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Berdasarkan laporan kinerja keuangan perseroan, sepanjang 2020 SMI berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 1,90 triliun, naik 11,91% dari tahun sebelumnya senilai Rp 1,70 triliun.

Peningkatan laba SMI salah satunya dikarenakan meningkatnya pendapatan perusahaan yang telah dikurangi pajak final menjadi sebesar Rp 5,63 triliun, naik 9,73 dari tahun sebelumnya sebesar Rp 5,19 triliun.

Total nilai aset pun ikut tumbuh 32,9% menjadi Rp100.740 miliar dari tahun sebelumnya, didorong oleh kinerja pembiayaan dan investasi, dimana meskipun dalam keadaan pandemi, SMI mencatatkan outstanding pembiayaan & investasi sebesar Rp70,60 triliun.

PT SMI adalah BUMN yang 100% saham dimiliki oleh Pemerintah Negara Republik Indonesia, yang diwakili oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia, melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dividen yang diterima Pemerintah RI akan masuk dalam bentuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Berdasarkan Hasil Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) PT SMI, pembayaran dividen akan segera dilakukan sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.02/2017 tentang Tata Cara Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak Dari Hasil Pengelolaan Kekayaan Negara Yang Dipisahkan.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading