Laku Keras! Permintaan Lelang SUN Hari Ini Tembus Rp 70 T

Market - Chandra Dwi, CNBC Indonesia
22 June 2021 17:15
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers mengenai APBN KiTa (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah lewat Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan kembali melakukan lelang Surat Utang Negara (SUN) pada Selasa (8/6/2021) hari ini dengan nilai yang dimenangkan sebesar Rp 30 triliun.

Surat berharga yang dilelang kali ini meliputi seri SPN03210922 (new issuance), SPN12220527 (reopening), FR0086 (reopening), FR0087 (reopening), FR0088 (reopening), FR0083 (reopening), dan FR0089 (reopening) melalui sistem lelang Bank Indonesia.


Lelang SUN 22 Juni 2021Foto: DJPPR Kementerian Keuangan RI
Lelang SUN 22 Juni 2021

Dari jumlah yang dimenangkan pemerintah, pada lelang hari ini tepat dengan target indikatif yang ditentukan, yakni Rp 30 triliun. Adapun nilai yang dimenangkan pada lelang SUN sebelumnya sebesar Rp 34 triliun.

Sementara incoming bid lelang hari ini kembali naik mencapai Rp 69,95 triliun, turun dari lelang SUN sebelumnya yang digelar pada 8 Juni lalu sebesar Rp 78,5 triliun.

SUN tenor 5 dan 10 tahun masih menjadi seri yang paling besar incoming bid-nya dibandingkan dengan seri-seri lainnya, dengan proporsi sekitar 74% dari total incoming bids pada lelang hari ini.

Turunnya incoming bids investor terjadi karena beberapa investor mulai melirik aset berisiko seperti saham, di tandai dengan mulai melesatnya pasar saham dalam negeri pada hari ini.

Selain itu, faktor pemulihan ekonomi Amerika Serikat (AS), ditambah indikasi sikap bank sentral AS yang mulai hawkish juga turut mengurangi selera investor di pasar obligasi pemerintah RI.

Walaupun turun, namun minat investor masih cukup tinggi, di tandai dengan masih banyaknya peminat lelang yang mengincar SUN bertenor 5 dan 10 tahun dan jumlah yang dimenangkan pemerintah masih sesuai dengan target indikatif yang ditetapkan.

Apalagi, selera risiko investor cenderung masih bersifat sementara, seiring dari kenaikan kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia yang membuat pasar saham sempat melemah parah dalam dua hari terakhir.

Oleh karena itu, atas dasar masih banyak minat investor dan jumlah yang dimenangkan pemerintah masih cukup memadai, maka pemerintah memutuskan untuk tetap menerima hasil lelang SUN hari ini.

Adapun hasil lelang SUN pada hari ini adalah sebagai berikut.

Lelang SUN 22 Juni 2021Foto: DJPPR Kementerian Keuangan RI
Lelang SUN 22 Juni 2021

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading