Internasional

Dear Trader! 6 Fakta Ini Bukti Xi Jinping 'Benci' Bitcoin cs

Market - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
09 June 2021 07:30
Chinese President Xi Jinping arrives ahead of the Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Summit, in Port Moresby, Papua New Guinea, November 15, 2018. REUTERS/David Gray

Jakarta, CNBC Indonesia - Penetrasi cryptocurrency alias mata uang kripto yang begitu massif membuat pemerintah China di bawah Presiden Xi Jinping menerapkan beberapa kebijakan yang pada prinsipnya kontra terhadap peredaran mata uang digital ini, kendati harga komoditas yang kini jadi investasi global ini masih terus meningkat.

Secara harga, cryptocurrency kembali berjatuhan pada perdagangan Selasa pagi kemarin (8/6/2021) waktu Indonesia, setelah pada perdagangan Senin sempat rebound dan bergerak menguat.

Berdasarkan data dari Investing Selasa pagi pukul 09:00 WIB, harga bitcoin ambles 7,95% ke level US$ 33.778,20/koin atau setara dengan Rp 481.840.317/koin, ethereum merosot 6,66% ke US$ 2.606,41/koin (Rp 37.180.439/koin), litecoin ambrol 9,58% ke US$ 163,10/koin (Rp 2.327.335/koin)


Berikutnya chainlink ambruk hingga 11,52% ke posisi US$ 24,83/koin (Rp 353.915/koin), ripple longsor 10,73% ke US$ 0,864/koin (Rp 12.333/koin), cardano terkoreksi 8,07% ke US$ 1,576/koin (Rp 22.488/koin), dan dogecoin jatuh 9,48% ke US$ 0,337/koin (Rp 4.812/koin).

Dari sisi sentimen, CNBC Indonesia merangkum beberapa kebijakan yang selama ini diterapkan pemerintahan Tiongkok yang menjadi salah satu sentimen penggerak fluktuasi harga kripto global.

1. China Blokir Akun Medsos Pro-Kripto

Pemerintah China menunjukkan keseriusannya dalam menghadang laju mata uang kripto. Negara di bawah kendali Presiden Xi Jinping itu memutuskan untuk memblokir akun-akun di media sosial yang berkaitan dengan bitcoin cs.

Melansir Reuters, selama akhir pekan, akses ke beberapa akun yang berkaitan dengan cryptocurrency di Weibo diblok. Pemerintah China bahkan menulis pesan yang mengatakan setiap akun itu "melanggar hukum dan aturan".

"Ini Hari Penghakiman untuk kripto", tulis komentator bitcoin Weibo yang menyebut dirinya "Woman Dr. bitcoin mini". Akun utamanya juga diblokir pada hari Sabtu (5/6/2021).

Pembekuan di Weibo terjadi ketika media China melaporkan banyaknya penipuan terkait perdagangan kripto. Tak hanya Xinhua, ini juga dilaporkan CCTV.

CCTV bahkan mengatakan cryptocurrency adalah aset yang diatur dengan ringan yang sering digunakan dalam perdagangan pasar gelap, pencucian uang, penyelundupan senjata. Bahkan kripto digunakan untuk perjudian dan transaksi narkoba.

2. Tiongkok Larang Penambang Kripto

Sejak Jumat (21/5), pemerintah China menegaskan akan memberantas segala bentuk aktivitas penambangan dan perdagangan bitcoin dkk. Pemerintah China, lewat Wakil Perdana Menteri China Liu He dan Dewan Negara, sudah menegaskan bahwa dibutuhkan regulasi yang lebih ketat untuk melindungi sistem keuangan.

"Perlu untuk menindak penambangan bitcoin dan perilaku perdagangan, dan dengan tegas mencegah transmisi risiko individu ke bidang sosial," tulis pernyataan Tiongkok dikutip dari CNBC International.

Kekhawatiran China terhadap aktivitas penambangan dan transaksi kripto lantaran kegiatan tersebut dinilai menjadi pusat sejumlah masalah. Penambangan bitcoin dilakukan oleh komputer dengan penggunaan energi yang besar, yang kemungkinan mencemari lingkungan.

"Penting pula untuk menjaga kelancaran pasar saham, utang, dan valuta asing, menindak keras kegiatan sekuritas ilegal, dan menghukum berat kegiatan keuangan ilegal," lanjut pernyataan tersebut.

3. China Larang transaksi Bitcoin dkk

Pernyataan resmi dari China pada akhir Mei lalu menyatakan bahwa melarang lembaga keuangan dan perusahaan pembayaran untuk menyediakan layanan yang terkait dengan transaksi mata uang kripto.

Negara ini bahkan telah memperingatkan investor agar tidak melakukan perdagangan mata uang kripto yang dianggap pemerintah spekulatif, selain karena China tengah membuat mata uang digital sendiri yang akan dikeluarkan otoritas moneter.

NEXT: Perlawanan Trader

Perlawanan Trader dan Uji Coba Yuan Kripto
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading