Mulai Dilirik Investor Lagi, Lelang Sukuk RI Laku Rp 10 T

Market - Chandra Dwi Pranata, CNBC Indonesia
04 May 2021 17:30
Sukuk Tabungan/DJPPR

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan kembali melakukan lelang surat berharga syariah negara (SBSN) atau Sukuk Negara pada Selasa (4/5/2021) hari ini.

Nilai nominal Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara yang dimenangkan dalam lelang hari ini sebesar Rp 10 triliun, sesuai dari target indikatif yang ditetapkan.

Surat berharga yang dilelang kali ini meliputi seri SPN-S 05112021 (new issuance), PBS027 (reopening), PBS017 (reopening), PBS029 (reopening), PBS004 (reopening), dan PBS028 (reopening) melalui sistem lelang Bank Indonesia.


Dalam proses lelang tersebut, permintaan (demand) investor yang masuk kembali membaik, dengan naik menjadi Rp 19,9 triliun. Adapun jumlah permintaan investor yang masuk pada lelang sebelumnya yang digelar pada tanggal 20 April lalu sebesar Rp 17,9 triliun.

Lelang SBSN 4 Mei 2021Foto: DJPPR Kementerian Keuangan RI
Lelang SBSN 4 Mei 2021

Pada lelang kali ini, pemerintah akhirnya menerima hasil lelang tepat dengan target indikatif yang ditentukan dan tentunya jumlah yang dimenangkan pemerintah kembali bertambah.

Adapun pada lelang sebelumnya yang dilaksanakan pada tanggal 20 April lalu, nominal yang dimenangkan sebesar Rp 7,36 triliun dan target indikatif yang ditetapkan sebesar Rp 10 triliun, naik sebesar Rp 2,64 triliun

Terus membaiknya demand investor dan jumlah yang dimenangkan pemerintah, disebabkan karena kondisi pasar obligasi dalam negeri yang terus membaik, didukung oleh afirmasi sovereign rating Indonesia oleh S&P di BBB outlook negatif.

Selain itu, perkembangan pandemi virus corona (Covid-19) di Asia, terutama di India dan beberapa negara di Asia Tenggara juga mendorong pasar obligasi di Asia dan dalam negeri kembali bergairah akibat investor yang kembali beralih ke pasar obligasi yang merupakan salah satu aset safe haven.

Oleh karena itu, atas dasar membaiknya demand dan jumlah yang dimenangkan pemerintah, maka pemerintah menerima hasil lelang SBSN hari ini dan tidak melaksanakan lelang tambahan (green shoe option).

Adapun hasil lelang pada hari ini adalah sebagai berikut

Lelang SBSN 4 Mei 2021Foto: DJPPR Kementerian Keuangan RI
Lelang SBSN 4 Mei 2021

[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading