Meski Menguat Tipis, Prestasi Rupiah Oke! Banyak Torehan Apik

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
30 April 2021 16:02
Ilustrasi Rupiah dan Dolar di Bank Mandiri Foto: Ilustrasi Rupiah dan Dolar (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakartal, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah akhirnya menguat tipis melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Jumat (30/4/2021), setelah tertahan di zona merah nyaris sepanjang hari. Dengan penguatan hari ini, rupiah sukses membukukan penguatan 2 pekan beruntun.

Melansir data Refinitiv, rupiah membuka perdagangan dengan menguat 0,31% ke Rp 14.400/US$. tetapi tidak lama, kurang dari 1 jam kemudian rupiah berbalik melemah 0,03% ke Rp 14.450/US$, dan tertahan di level tersebut hingga beberapa menit sebelum perdagangan berakhir.

Rupiah berhasil berbalik menguat tipis 0,03% ke Rp 14.440/US$. Dengan penguatan tersebut, total sepanjang pekan ini rupiah menguat 0,55%. Selain itu, Mata Uang Garuda mencatat penguatan 2 pekan beruntun setelah sebelumnya tidak pernah menguat selama 9 pekan.


Penguatan 2 pekan beruntun tersebut juga menjadi yang pertama sejak awal tahun 2021.

Selain itu, sepanjang bulan ini, rupiah juga membukukan penguatan 0,55%, setelah sebelumnya melemah dalam 3 bulan beruntun.

Jika dibandingkan dengan mata uang utama Asia, kinerja rupiah hari ini juga cukup bagus. Hingga pukul 15:07 WIB, rupiah menjadi mata uang dengan kinerja terbaik kedua, hanya kalah dari peso Filipina yang menguat 0,31%. Selain itu, ada yen Jepang yang juga menguat tipis, sementara yang lainnya melemah.

Berikut pergerakan dolar AS melawan mata uang utama Asia.


HALAMAN SELANJUTNYA >>> Yield Treasury AS Bikin Dolar AS Bangkit

Yield Treasury AS Bikin Dolar AS Bangkit
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading