Analisis

Anomali! Keuangannya Bobrok, 4 Saham Ini Malah Cuan Gede

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
30 April 2021 06:09
Ardi Bakrie/Instagram

Jakarta, CNBC Indonesia - Lazimnya, kinerja harga suatu saham beriringan dengan kinerja keuangan perusahaan. Apabila suatu emiten kinerja keuangannya oke, biasanya akan berimbas pula pada kinerja sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Begitu pula sebaliknya.

Namun, dalam kasus-kasus tertentu sering juga terjadi orang-orang tetap masuk ke suatu saham yang kinerja keuangannya sedang tertekan. Malahan, ada juga satu saham yang emitennya sudah 12 tahun beruntun mengalami rugi bersih, tapi sahamnya terus merangsek naik.

Lantas apa saja saham-saham yang dimaksud di atas?


Kemudian bagaimana kinerja keuangan emiten-emiten tersebut pada tahun lalu?

Menurut penelusuran cepat Tim Riset CNBC Indonesia, setidaknya ada empat emiten yang sahamnya cenderung melaju kencang tanpa mempedulikan kinerja keuangan perusahaan.

Keempat saham emiten tersebut ialah emiten pengelola gerai Hypermart milik Grup Lippo PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), anak usaha emiten ritel telepon seluler (ponsel) Trikomsel Oke (TRIO) PT Global Teleshop Tbk (GLOB).

Kemudian, emiten telekomunikasi Grup Sinarmas PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan emiten media Grup Bakrie PT Visi Media Asia Tbk (VIVA).

Di bawah ini Tim Riset CNBC Indonesia menyajikan tabel harga saham per Rabu lalu (28/4), dan akan membahas secara ringkas kinerja keuangan emiten yang dimaksud.

Apabila menilik tabel di atas, saham emiten ritel Grup Lippo, MPPA, menjadi 'pemuncak klasemen' dengan kenaikan harga saham yang luar biasa, baik dalam sebulan maupun year to date (Ytd).

MPPA melaju kencang sebesar 235,94% dalam sebulan terakhir. Sementara, sejak awal tahun saham emiten yang juga mengelola gerai Primo dan Foodmart ini meroket 719,05%.

Contoh lainnya, saham emiten ritel ponsel GLOB. Saham GLOB sebenarnya ambles 20,83% dalam kurun sebulan belakangan. Tapi, apabila melihat secara Ytd saham GLOB sudah melejit 144,04%.

NEXT: Separah Apa Kinerjanya?

MPPA hingga GLOB
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading