Internasional

Waduh! Boeing 737 MAX Kena Masalah Lagi, Bakal di-Grounded?

Market - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
10 April 2021 12:55
Boeing 737 Max dapat kembali mengudara setelah Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) mengeluarkan izin pada Rabu (18/11/2020). (AP/Ted S. Warren)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pabrikan dirgantara asal Amerika Serikat (AS) Boeing, yang sahamnya tercatat di Bursa New York Stock Exchange (NYSE) mengatakan telah menemukan kembali masalah pada produk Boeing 737 MAX miliknya. Permasalahan ini timbul di dalam komponen elektrikal pesawat.

Dikutip CNN International, Boeing mengatakan sudah memberitahu para maskapai pengguna 737 MAX yang diprediksi terkena permasalahan ini dan menyarankan agar operator mengecek secara pasti mengenai potensi permasalahan itu.

"Boeing telah merekomendasikan kepada 16 pelanggan bahwa mereka mengatasi potensi masalah kelistrikan di grup pesawat 737 Max tertentu sebelum operasi lebih lanjut," kata perusahaan itu, dikutip Sabtu (10/4/2021).


Boeing 737 MAX sebelumnya tidak diizinkan terbang setelah terjadi dua kecelakaan fatal yang menimpa unit pesawat itu.

Pertama, kecelakaan menimpa Maskapai Indonesia Lion Air pada Oktober 2018 lalu yang jatuh di Laut Jawa. Lalu diikuti kecelakaan Ethiopian Airlines pada maret 2019 lalu. Kedua kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpang pesawat.

Lalu pada November 2020, regulator AS FAA kembali memberi izin pesawat berbadan sedang itu untuk mengangkasa kembali.

Namun di beberapa negara di dunia seperti China, pesawat ini masih belum diizinkan terbang. Bahkan keluarga korban dua kecelakaan 737 MAX juga meminta pemerintah di seluruh dunia untuk tidak mengedarkan izin terbang untuk pesawat tersebut karena alasan bahwa keamanan pesawat itu masih diragukan.

Di Indonesia sendiri pesawat ini dipesan oleh Garuda Indonesia dan Lion Air. Garuda memesan 50 unit armada itu sementara Lion Air Group memboyong sekitar 200an armada burung besi teranyar Boeing itu.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading