Analisis

Gilak! Ada yang Lebih Joss dari LQ45, Cek Indeks Saham Ini

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
16 March 2021 06:20
Kompetisi jual beli saham Oppo Stocks in Your Hand di Bursa Efek Indonesia, Senin (18/2/2019). kompetisi jual beli saham Oppo Stocks in Your Hand (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks IDXTECHNO di Bursa Efek Indonesia (BEI) terus melaju kencang dengan mencatatkan penguatan tertinggi dibandingkan indeks saham lainnya sejak diresmikan pertama kali pada awal tahun.

Berdasarkan data BEI per Jumat (12/3), indeks yang berisi saham-saham teknologi ini sudah meroket 175,37%, sementara Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hanya naik 6,34%.

Pencapaian tersebut juga jauh melampaui kinerja indeks LQ-45, yang berisi 45 saham paling liquid, yang cuma terapresiasi 1,71% sejak awal tahun ini.


Pada 25 Januari 2021, BEI memang mulai menerapkan sistem klasifikasi sektor industri yang baru IDX Industrial Classification (IDX-IC). Bersamaan dengan itu, BEI juga meluncurkan 11 indeks sektoral di IDX-IC.

Dalam indeks yang baru ini ada satu sektor yang benar-benar baru seperti masuknya sektor kesehatan (IDXHEALTH) dan teknologi (IDXTECHNO).

Berikut saham-saham yang tergabung dalam indeks IDXTECHNO:

Anggota Indeks Sektoral IDXTECHNO 21 Januari 2021/BEIFoto: Anggota Indeks Sektoral IDXTECHNO 21 Januari 2021/BEI
Anggota Indeks Sektoral IDXTECHNO 21 Januari 2021/BEI

Lantas, saham apa yang paling cuan di indeks IDXTECHNO selama sebulan dan year to date (YTD)?

Berikut daftar saham di indeks IDXTECHNO per 12 Maret 2021.

Berdasarkan tabel di atas, tercatat ada lima saham dengan penguatan tertinggi selama sebulan dan secara YTD, yakni DMMX, MLPT, LUCK, KIOS dan DCII. Mari kita coba bedah satu-satu ya.


NEXT: Begini analisis 4 saham IDXTECHNO

Dari DMMX 'Punya' Raffi Ahmad hingga DCII
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading