Simak! Ini Kisah Marina Budiman Jadi Wanita Paling Kaya di RI

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
09 February 2022 17:25
Marina Budiman (Tangkapan Layar via dci-indonesia.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa tahun lalu, PT DCI Indonesia Tbk (DCII) salah satu saham yang tidak diperhitungkan dalam kancah bursa domestik. Namun, siapa sangka emiten ini justru membawa Marina Budiman menjadi salah satu Kartini paling kaya di Indonesia.

Marina memang berada dalam urutan ke-30 dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Yang membuatnya spesial adalah, Marina menjadi salah satu wanita dari daftar yang didominasi oleh kaum pria.

Sosoknya menjadi perhatian setelah masuk sebagai salah satu pendatang baru pada daftar orang terkaya versi Forbes 2021. Sebagai pendatang baru, Marina langsung menduduki peringkat ke-30 dengan total harta US$ 1,5 miliar.


Mengutip berbagai sumber, Marina sejatinya bercita-cita menjadi bankir. Namun, setelah mengawali karirnya di Bank Bali dengan mengerjakan proyek instalasi piranti lunak, Marina segera sadar teknologi adalah masa depan bisnis.

Kemudian, ia bergabung dengan PT Sigma Cipta Caraka sebagai project manager pada 1989 hingga 2000. Pada 1994, bersama Otto Sugiri, Marina mendirikan perusahaan penyedia jasa internet pertama di Indonesia, Indonet.

Karir Marina terus menanjak, pada 2000 hingga 2008, ia menjabat sebagai chief financial offficer Sigma. Selanjutnya, ia memegang posisi direktur penjualan dan pengantaran pada 2008 sampai 2010.

Setelah lebih dari dua dekade malang melintang di industri teknologi, Marina makin menyadari pentingnya sektor tersebut. Sementara, pasarnya belum digarap optimal di Indonesia. Kapasitas pusat data di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara tetangga.

Akhirnya, bersama Otto Sugiri dan Han Arming Hanafia, Marina mendirikan PT DCI Indonesia pada 18 Juli 2011. Perusahaan dibesarkan menjadi operator pusat data Tier IV pertama di Asia Tenggara. Sejak 2016 hingga sekarang, Marina menjabat sebagai presiden komisaris perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bos Djarum di Puncak, Inilah Daftar 10 Orang Terkaya RI 2021


(mon/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading