Bangun Pabrik EV Battery Raksasa, Erick Ajak Swasta Terlibat

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 March 2021 18:05
Menteri BUMN Erick Thohir, dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan masa depan Indonesia nantinya tak hanya berorientasi pada pengembangan digital, tapi juga pada teknologi ramah lingkungan. Salah satunya adalah penggunaan energi terbarukan untuk kendaraan bertenaga listrik.

Pengembangan ini di Indonesia akan sangat jelas sebab Indonesia diberkahi dengan ketersediaan cadangan nikel yang melimpah sebagai bahan baku untuk EV battery.

"Kami melihat masa depan yang lebih cerah untuk Indonesia. Berkat cadangan nikel Indonesia yang sangat besar, sebagai bahan baku utama baterai lithium," kata Erick dalam sebuah webinar, Rabu (3/3/2021).


Terbaru, Erick menyebutkan kerja sama pengembangan industri ini di dalam negeri telah dilakukan dengan menggandeng pemain global yakni dengan China's Contemporary Amperex Technology atau CATL dari China dan perusahaan asal Korea Selatan, LG Chem.

"Dan tentu saja, kami berharap dapat bermitra dengan lebih banyak perusahaan swasta, terutama perusahaan lokal," terangnya.

Sebelumnya Erick mengungkapkan kolaborasi perusahaan pelat merah dalam membentuk perusahaan raksasa baterai (EV battery) mobil listrik di Indonesia.

Tiga BUMN akan menggandeng perusahaan dari luar negeri untuk membangun pabrik tersebut. Tiga BUMN tersebut adalah PT PLN (Persero), PT Inalum (Persero) dan PT Pertamina (Persero).

Proyek ini juga akan melibatkan anak usaha MIND ID atau Inalum yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT TImah Tbk (TINS).

Kementerian BUMN memang tengah membentuk Indonesia Battery Holding (IBH) untuk mengelola industri baterai terintegrasi dari hulu sampai ke hilir. Perusahaan holding yang terdiri dari empat BUMN antara lain MIND ID atau Inalum, Aneka Tambang, Pertamina, dan PLN ini ditargetkan bakal terbentuk pada Semester I-2021 ini.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading