CNBC Indonesia Outlook 2021

Ambisi Erick Thohir: RI Jangan Ekspor Barang Mentah Lagi!

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
25 February 2021 10:22
Menteri BUMN Erick Thohir, dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan bahwa sampai saat ini kekuatan Indonesia adalah kekayaan alam yaitu komoditas. Ke depan, pemerintah ingin agar Indonesia jangan lagi mengandalkan penjualan bahan mentah.

"Saat ini kalau dilihat komoditas jadi kekuatan Indonesia. Batu bara, kelapa sawit, karet, kakao, harga terus naik," ujar Erick dalam acara CNBC Indonesia Outlook 2021, Kamis (25/2/2021).

Ke depan, Erick ingin Indonesia lebih baik dari itu. Harus ada hilirisasi agar Indonesia menikmati nilai tambah (value added).


"Jangan lagi komoditas hanya dilepas seperti biasa. Value added harus dinaikkan, ekspor digalakkan. Balance ekspor dengan hilirisasi, agar saat komoditas tidak berpihak kita bisa merasakan value added," tegas Erick.

Erick memberi contoh nikel. Jangan lagi mengekspor nikel mentah, tetapi kekayaan nikel harus menjadi modal untuk membangun industri dalam negeri.

"Ada yang namanya EV battery. Bagaimana policy tidak dikirim ke luar negeri raw tetapi diproses di dalam negeri. Kami diberi kepercayaan. PLN, Inalum, Pertamina membuat perusahaan baterai nasional ber-partner dengan CTL dan LG untuk kalangan di 2023," ungkap Erick.


[Gambas:Video CNBC]

(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading