Ramai Diborong Asing, 2 Saham 'Milik' Raffi Ahmad Rontok

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
26 February 2021 13:16
Raffi Ahmad saat disuntik vaksin Covid-19 perdana di Istana Negara, Rabu (13/1/2021). (Dok: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham emiten yang sempat direkomendasikan artis dan publik figur Raffi Ahmad anjlok pada perdagangan sesi I, Jumat ini (26/2/2021) usai asing ramai-ramai membeli saham tersebut pada perdagangan Kamis kemarin, puluhan miliar rupiah.

Satu saham yang dimaksud yakni PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) dan saham anak usahanya PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX).

Menurut data BEI, saham MCAS ambles 2,70% ke Rp 3.960/saham dengan nilai transaksi Rp 8,87 miliar pada sesi I. Asing mencatatkan aksi beli bersih (net buy) senilai Rp 8,05 miliar.


Setali tiga uang dengan induknya, saham DMMX akhirnya ditutup merosot 2,26% ke Rp 432/saham di sesi I. Asing juga tercatat melancarkan aksi net buy (beli bersih) sebesar Rp 518,99 juta di saham emiten infrastruktur pemasaran digital ini.

Kemarin (25/2), dua saham Grup M Cash tersebut juga diborong asing pada perdagangan di pasar reguler. Pertama, DMMX sebesar Rp 39 miliar, meskipun sahamnya minus 1,78% di level Rp 442/saham.

Satu lagi MCAS dengan beli bersih Rp 36,9 miliar, dengan kenaikan harga saham 0,99% di level Rp 4.070/saham.

Khusus saham MCAS, pada awal Januari saham ini sempat ramai ketika publik figur Raffi Ahmad dan penyanyi Ari Lasso belakangan merekomendasikan saham tersebut. Bahkan Bursa Efek Indonesia (BEI) pun turun tangan menanggapi langkah rekomendasi influencer ini.

Meski belakangan ini diketahui, perusahaan maupun kedua publik figur tersebut membantah telah melakukan kerja sama endorsement untuk merekomendasikan saham MCAS.

Raffi misalnya, menegaskan tidak melakukan endorsement (promosi berbayar) terhadap saham MCAS. Unggahannya di Instagram dengan menyebut dan merekomendasikan saham MCAS, kata Raffi, sebagai bentuk berbagi cerita saja.

"Gw kemarin itu hanya sharing saja buat kalian, tapi memang heboh sih. Mungkin main saham itu lagi in banget sekarang. guys. Tapi kembali lagi, kemarin gw cuma cerita pengalamang gw saja. Ini bukan endorse. Ini pengalaman gw saja, pertama kali di saham MCAS," ujar Raffi dalam postingan terbaru di akun instragramnya @raffinagita171, saat itu, awal Januari.

Adapun kabar terbaru datang dari DMMX, anak usaha MCAS.

Berdasarkan keterbukaan informasi di BEI, DMMX ternyata bekerjasama dengan perusahaan Raffi untuk membentuk perusahaan patungan.

DMMX menggandeng RANS Entertainment (RANS), talent agency milik Raffi Ahmad, untuk membangun platform pemasaran media sosial digital dan pendirian joint venture (JV), PT DMMX Rans Digital (DIGIRANS). Perusahaan ini akan mengelola platform tersebut. DMMX memiliki 33,33% saham senilai Rp 300 juta.

RANS Entertainment mengelola lebih dari 300.000 content creator dan influencer media sosial di Indonesia. Dalam kemitraan ini, DMMX, perusahaan infrastruktur pemasaran digital, menggandeng RANS sebagai creative content creator guna meningkatkan distribusi dan jangkauan konten yang diproduksi oleh talent RANS.

"Wajah para talent RANS yang segar dan akrab akan meningkatkan daya pikat dan daya tarik dari strategi pemasaran kami. Platform ini juga akan memberdayakan content creator untuk meningkatkan distribusi dan monetisasi konten unik mereka yang akan memberi mereka lebih banyak insentif untuk menghasilkan konten yang lebih baik yang dapat menghibur penggemarnya," kata Budiasto Kusuma Direktur Utama DMMX dan Dirut DIGIRANS, dalam keterangan resmi di BEI, dikutip Jumat (26/2).

"Kami sangat senang bermitra dengan DMMX untuk membangun platform yang dapat membawa konten kami ke basis penonton yang lebih luas. Melalui platform ini, kami berharap dapat lebih mendekatkan talent kami dengan basis penggemar mereka," kata Raffi.

DMMX anak anak usaha dari PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) dan bagian dari Grup M Cash. Saat ini, RANS Entertainment memiliki 1,5 juta followers, raffinagita1717 memiliki lebih dari 50 juta followers, sedangkan channel YouTube RANS Entertainment memiliki lebih dari 19 juta subscribers.


[Gambas:Video CNBC]

(adf/adf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading