Berkat Pak Ketua, Rupiah Perkasa!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
25 February 2021 09:12
Ilustrasi Uang

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan pasar spot pagi ini. Tingginya risk appetite pelaku pasar membuat arus modal mengalir deras ke negara berkembang Asia, tidak terkecuali Indonesia.

Pada Kamis (25/2/2021), US$ 1 setara dengan Rp 14.080 kala pembukaan perdagangan pasar spot. Sama persis dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya atau stagnan.

Beberapa menit kemudian rupiah menguat. Pada pukul 09:11 WIB, US$ 1 dihargai Rp 14.070 di mana rupiah menguat tipis 0,07%.


Kemarin, rupiah menutup perdagangan pasar spot dengan apresiasi tipis 0,07% di hadapan dolar AS. Adalah paparan Ketua Bank Sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) Jerome 'Jay' Powell di depan Komite Perbankan Senat yang membuat rupiah punya energi untuk menguat.

Hari ini situasinya pun serupa. Giliran Powell memaparkan kondisi ekonomi terkini dan arah kebijakan moneter di hadapan Komite Jasa Keuangan House of Representatives.

Pernyataan Powell hampir sama seperti kemarin. Intinya perekonomian Negeri Paman Sam masih menghadapi tantangan yang tidak ringan karena pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) dan tekanan inflasi sepertinya belum akan datang dalam waktu dekat. Oleh karena itu, kebijakan moneter ultra-longgar tetap menjadi opsi utama.

"Kami jujur saja bahwa tantangan masih berat. Kami tidak akan menaikkan suku bungan acuan sampai ada tanda-tanda inflasi menuju target 2%. Kita bisa mencapai itu, kita akan menuju ke sana. Namun mungkin butuh waktu lebih dari tiga tahun," ungkap Powell, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Halaman Selanjutnya --> Vaksin J&J Siap Meluncur

Vaksin J&J Siap Meluncur
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading