Disebut akan Dicaplok Sea Group, Bank Bumi Arta Buka Suara

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
17 February 2021 14:00
Bank Bumi Arta

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen PT Bank Bumi Arta Tbk (BNBA) menyebutkan saat ini tidak memiliki informasi mengenai kejadian penting yang berpengaruh pada harga saham perusahaan. Bahkan manajemen baru mendengar mengenai kabar yang terkait dengan perusahaan dari media massa.

Dalam keterbukaan informasi yang dirilis perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini belum ada kejadian material yang dilakukan perusahaan.

"Belum ada informasi /kejadian penting lainnya yang material dan dapat mempengaruhi harga saham perusahaan," tulis keterbukaan informasi perusahaan, dikutip Rabu (17/2/2021).


Adapun sebelumnya, menurut berita yang beredar bahwa Sea Group, induk perusahaan e-commerce Shopee yang berbasis di Singapura, diisukan tertarik mencaplok Bank Bumi Arta dan Bank Capital untuk ekspansi ke bisnis bank digital.

Sontak kabar ini telah membuat saham BNBA mengalami peningkatan harga saham di luar kebiasaan atau unusual market activity (UMA).

Kepala Divisi Pengawasan Transaksi, Lidia M Panjaitan dan Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan, Irvan Susandy, dalam Pengumuman UMA melalui surat Peng-UMA-0028/BEI.WAS.02-2021 menjelaskan, terjadinya UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

"Sehubungan dengan terjadinya Unusual Market Activity atas saham BNBA tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini," tulis pengumuman BEI, Rabu (17/2/2021).

Oleh sebab itu, otoritas bursa meminta agar investor memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi Bursa, mencermati kinerja Perusahaan Tercatat dan keterbukaan informasinya; mengkaji kembali rencana corporate action Perusahaan Tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS serta mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melak ukan pengambilan keputusan investasi.

Seperti diketahui, harga saham BNBA dalam dua hari terakhir ini meroket signifikan di atas 20%. Per hari ini, Rabu (17/2/2021), harga saham bank BUKU II ini juga naik 24,60% atau naik 230 poin ke level Rp 1.165 per saham. Dalam sebulan terakhir, harga saham BNBA sudah naik 148,93%.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading