Apes! Suspensi Dibuka, Saham Bank Bumi Arta Langsung ARB

Market - Chandra Dwi, CNBC Indonesia
19 February 2021 09:15
Bank Bumi Arta (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Bank Bumi Arta Tbk dibuka ambles 6,87% ke level Rp 1.085/unit dan langsung menyentuh level auto rejection bawah (ARB) pada awal perdagangan Jumat (19/2/2021) pagi ini.

Padahal, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah membuka kembali penghentian sementara (suspensi) saham BNBA pada pagi hari ini.

Pada pembukaan sesi I, nilai transaksi saham BNBA tercatat sebesar Rp 1,4 miliar dengan volume transaksi yang diperdagangkan mencapai 1,4 juta lembar saham.


Sebelumnya, BEI resmi membuka kembali penghentian sementara (suspensi) saham BNBA mulai sesi I, Jumat ini (19/2/2021).

"Menunjuk Pengumuman Bursa No: Peng-SPT-0028/BEI.WAS/02-2021 tanggal 17 Februari 2021, perihal Penghentian Sementara Perdagangan (Suspensi) Saham PT Bank Bumi Arta Tbk. (BNBA), maka dengan ini diumumkan bahwa suspensi atas perdagangan Saham PT Bank Bumi Arta Tbk (BNBA) di Pasar Reguler dan Pasar Tunai dibuka kembali mulai perdagangan sesi I tanggal 19 Februari 2021,"tulis BEI, Jumat pagi ini.

Data BEI mencatat saham BNBA sudah melesat 80,83% selama sepekan terakhir dan sebulan terakhir meroket 141,11%, sementara dalam 3 bulan terbang 190,11%.

Usut punya usut, penguatan saham BNBA ini terjadi di tengah kabar pasar menyebutkan bahwa Sea Group, induk perusahaan e-commerce Shopee yang berbasis di Singapura, diisukan tertarik mencaplok Bank Bumi Arta dan PT Bank Capital Tbk (BACA) untuk ekspansi ke bisnis bank digital.

Sontak kabar ini telah membuat saham BNBA melesat terus. Namun manajemen BNBA menegaskan perseroan belum memiliki rencana untuk melakukan tindakan korporasi dalam waktu dekat termasuk rencana korporasi yang akan berakibat terhadap pencatatan saham perseroan di bursa paling tidak dalam 3 bulan mendatang.

"Rencana pemegang saham utama terkait dengan kepemilikan sahamnya di perseroan adalah mempertimbkan setiap opsi yang tersedia dalam rangka meningkatkan kinerja," kata Presiden Direktur BNBA Wikan Aryono, dalam surat jawaban ke BEI, Rabu (17/2).

Sebelumnya saham BNBA disuspensi pada Kamis (18/2/2021) kemarin, sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham bank mini ini.


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading