Simak 9 Kabar Pasar: Ada Jiwasraya & Bank Digital AGRO

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
10 February 2021 08:19
Puluhan nasabah Jiwasraya yang tergabung dalam Forum Korban Jiwasraya melakukan aksi damai di Kantor Pusat Jiwasraya, Jakarta, Jumat, 11/9. Aksi tersebut dilakukan karena tidak adanya kejelasan mengenai pencairan dana bagi para nasabah korban Jiwasraya Saving Planyang sudah lewat jatuh tempo selama 2 tahun. Sebelumnya, Jiwasraya mengklaim membayarkan tunggakan kepada sebagian nasabah senilai Rp470 miliar pada akhir Maret lalu. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengatakan pembayaran utang klaim diberikan kepada 15 ribu nasabah pemegang polis tradisional. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Laju bursa saham domestik bergerak cukup variatif pada perdagangan Selasa kemarin (9/2/2021).

Sempat dibuka menguat pada level 6.286,29, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berbalik melemah hingga perdagangan berakhir dengan koreksi sebesar 0,44% ke posisi 6.181,67 poin.

Data perdagangan menunjukkan, nilai transaksi harian mencapai Rp 19,18 triliun dengan frekuensi sebesar 1,71 juta kali. Pelaku pasar asing tercatat melakukan aksi jual bersih sebesar Rp 441,07 miliar. Namun, sejak awal tahun, investor asing masih melakukan pembelian bersih sebesar Rp 14,29 triliun.


Saham-saham yang banyak ditransaksikan pada perdagangan kemarin di antaranya, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), hingga PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

Cermati aksi dan peristiwa emiten berikut ini yang dihimpun dalam pemberitaan CNBC Indonesia sebelum memulai transaksi pada perdagangan Rabu ini (10/2/2021):

1.Digugat Kontraktor, Ini Skema Restrukturisasi Sentul City

Emiten properti PT Sentul City Tbk (BKSL) menyampaikan skema restrukturisasi terkait perkara gugatan yang dilayangkan oleh PT Prakasaguna Ciptapratama, kontraktor yang melaksanakan proyek Aeon di kawasan Sentul City.

Sebelumnya, majelis hakim telah menyatakan Sentul City dalam status Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) pada 1 Februari 2021. Gugatan ini dilatarbelakangi utang jatuh tempo yang belum dibayarkan Sentul City kepada kontraktor sebesar Rp 7,53 miliar. Padahal, sebelumnya Sentul City dan kontraktor telah sepakat memperpanjang jatuh tempo jadi 30 Oktober 2020.

Dalam penjelasannya, manajemen Sentul City telah mengumumkan di media massa terkait tindak lanjut serta tahapan proses pengadilan. Agenda rapat kreditor pertama dijadwalkan akan dilaksanakan Rabu besok, 10 Februari 2021 di Pengadilan Niaga, PN Jakarta Pusat.

Selanjutnya, agenda kedua mengenai batas akhir pengajuan tagihan akan dilaksanakan pada 19 Februari 2021 yang dilaksanakan di kantor sekretariat Tim Pengurus PT Sentul City Tbk di Menara Global, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Berikutnya, rapat pencocokan piutang atau verifikasi akan dilaksanakan pada 24 Februari 2021.

Sementara itu, rapat pembahasan pemungutan suara atau voting rencana perdamaian dan rapat musyawarah majelis hakim dijadwalkan pada 9 dan 15 Maret 2021 mendatang di PN Jakarta Pusat. Perseroan, saat ini juga masih dalam proses rekonsiliasi keseluruhan utang perseroan, di mana keseluruhan utang tersebut masih akan diproses sampai dengan hasil rapat pencocokan piutang.

2.Anak Usaha Waskita Karya Bidik Kontrak Baru Rp 7,88 T

Emiten konstruksi BUMN, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) menggandeng perusahaan asal Negeri Sakura, Jepang yaitu TOA Corporation terkait proyek konstruksi.

Direktur Utama WSBP, Moch. Cholis Prihanto menjelaskan, perseroan telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) per hari ini, Selasa, 9 Februari 2021 terkait Kerja Sama Operasi (KSO/JO) untuk melaksanakan proyek-proyek konstruksi khususnya dalam bidang keairan, saluran air limbah, pengerukan, reklamasi, pelabuhan dan bangunan garis pantai.

"Waskita Beton Precast dan TOA berbagi pengetahuan dan teknologi dalam jasa konstruksi. Kerja sama ini juga akan memberikan dukungan dalam memasarkan Produk Waskita Beton Precast kepada cakupan pelanggan yang lebih luas," kata dia, Selasa (9/2/2021), dalam keterangan pers.

Cholis Prihanto melanjutkan, melalui kerja sama ini, perusahaan optimis untuk mendapatkan proyek-proyek eksternal yang telah ditargetkan perusahaan, terutama untuk proyek-proyek eksternal di bidang keairan.

Pasalnya, pada tahun ini, anak usaha PT Waskita Karya ini menargetkan perolehan kontrak baru sebesar Rp 7,88 trilliun. Rinciannya, proyek internal memberi andil sebesar 21 persen dan eksternal sebesar 79 persen. Proyek-proyek tersebut berasal dari perusahaan swasta, BUMN, serta proyek pemerintah.

3.Restrukturisasi Polis Jiwasraya Berlanjut, Begini Updatenya

Tim Percepatan Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mencatat, hingga 8 Februari 2020 sudah 52% atau 109.091 pemegang polis korporasi menyetujui proses restrukturisasi polis yang ditawarkan perusahaan.

Sedangkan dari pemegang polis Bancassurance, sebanyak 25% atau 4.350 peserta telah bergabung dalam proses tersebut. Sedangkan untuk pemegang polis ritel tercatat sebanyak 10% atau setara dengan 23.848 peserta sejak pertama kali disosialisasikan pada pertengahan Januari 2021.

Koordinator Tim Satgas Restrukturisasi Polis Jiwasraya bidang Komunikasi dan Hukum, R. Mahelan Prabantarikso mengatakan upaya peningkatan jumlah pemegang polis untuk ikut dalam proses restrukturisasi ini dilakukan dengan masifnya upaya sosialisasi yang dilakukan tim internal dan pengertian dari pemegang polis mengenai tujuan restrukturisasi polis Jiwasraya.

Hal ini dilakukan dengan menambah jumlah personel yang bertugas untuk melakukan entry hingga pengolahan data pemegang polis yang masuk.

"Tentu saja capaian ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk bisa lebih masif serta maksimal melakukan sosialisasi dan melayani para pemegang polis. Oleh karena itu kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang setulus-tulusnya kepada para pemegang polis dan seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam rangka menyelamatkan seluruh polis Jiwasraya," kata dia dalam siaran persnya, Selasa (9/2/2021).

NEXT: Cek aksi korporasi lainnya

Dari TOWR hingga Merdeka Copper
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading