Analisis

Penjualan Ritel Anjlok, Apa Kabar Jualannya Emiten Konsumer?

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
09 February 2021 17:03
Pengunjung memilih beras di Supermarket, Jakarta, Kamis (29/3). Jelang bulan Puasa, Kementerian Perdagangan berencana mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan baru mengenai daftar merek beras guna menstabilkan harga beras. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki )

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2020 bukan tahun yang baik bagi Indonesia, dan global lantaran pandemi Covid-19 berdampak pada hampir seluruh sektor yang menopang perekonomian, tak terkecuali sektor konsumer (consumer goods).

Bank Indonesia (BI) melaporkan penjualan eceran pada Desember 2020 terlihat sedikit membaik dibandingkan bulan sebelumnya. Namun kalau dilihat secara tahunan (year-on-year/yoy), penjualan ritel tercatat lebih anjlok.

Secara bulanan, terjadi peningkatan penjualan eceran pada sebagian besar kelompok komoditas. Ini karena didorong naiknya permintaan saat hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Ini bisa dilihat dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Desember 2020 yang tumbuh 4,8% (month-to-month/mtm), meningkat dari -1,2% (mtm) pada bulan sebelumnya. Peningkatan tertinggi berkat topangan kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya dan peralatan informasi dan komunikasi.

Tetapi, kenaikan permintaan pada Desember 2020 tidak setinggi periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini menyebabkan kinerja penjualan eceran pada Desember 2020 mengalami penurunan dengan pertumbuhan IPR sebesar -19,2 persen (yoy), lebih anjlok dari bulan sebelumnya, yakni - 16,3 persen (yoy).

Kelompok makanan, minuman dan tembakau serta sub kelompok sandang menjadi faktor yang mendorong penurunan ini.

Kali terakhir Indonesia mencatatkan pertumbuhan penjualan ritel yang positif pada November 2019. Artinya, kontraksi penjualan ritel sudah terjadi selama 13 bulan beruntun.

Halaman Selanjutnya --> Kinerja penjualan Emiten Sektor Konsumer Ikut Tertekan

Kinerja Penjualan Emiten Sektor Konsumer Ikut Tertekan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading