Perhatian! Bos OJK: 2021 Lebih Banyak Bank Merger & Akuisisi

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
26 January 2021 14:21
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021. (Tangkapan Layar Youtube Jasa Keuangan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menyebut pada tahun ini diharapkan akan lebih banyak lembaga jasa keuangan yang melakukan penggabungan usaha atau merger maupun akuisisi.

Menurut Wimboh, dengan mempertimbangkan persaingan industri jasa keuangan ke depan yang akan semakin ketat dengan era digitalisasi. Dengan demikian, kebutuhan modal juga harus semakin kuat, terutama di sektor perbankan.

OJK juga sudah memberlakukan kebijakan menaikkan modal inti bank menjadi Rp 3 triliun secara bertahap mulai tahun 2022. OJK juga mendorong bagi bank yang belum bisa memenuhi ketentuan modal inti minimal ini harus mencari partner strategis.


"Trennya [di 2021] akan lebih banyak lagi bank yang melakukan akuisisi dan merger," kata Wimboh, dalam pemaparan secara virtual, Selasa (26/1/2021).

Menurut Wimboh, tren konsolidasi industri jasa keuangan diyakini akan lebih cepat dengan. Hal ini terlihat dari belakangan ini ada 4 bank yang sudah melakukan merger untuk meningkatkan daya saingnya di industri.

"4 bank merger dalam rangka itu, apabila bisa memenhi sendiri silakan. Permodalan ini suatu proses yang dinamis karena kometisi akan berat dengan teknologi," ujarnya.

Seperti diketahui, Berdasarkan Peraturan OJK Nomor 12/POJK.03/2020, bank diharuskan memiliki modal inti minimum bank umum sebesar Rp 1 triliun tahun ini, Rp 2 triliun pada 2021 dan minimal Rp 3 triliun tahun 2022. Dengan ketentuan yang baru ini, setidaknya ada sejumlah bank yang berpotensi turun kelas jadi BPR.

Namun demikian, Deputi Komisioner Humas dan Logistik Anto Prabowo menyampaikan, sampai dengan Desember tahun lalu, OJK masih melakukan konfirmasi mengenai rencana kerja bank agar segera memenuhi peraturan modal inti.

"Beberapa kami sudah dapat konfirmasi mereka sedang lihat lihatan, cari partner sedang proses akuisisi, masih berjalan, harapannya, pada rapat dewan komisioner Januari dan Februari akan bisa disampaikan mengenai perkembangannya," kata Anto, belum lama ini.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading