Bank Syariah Terbesar RI Hadir, Ini Sejumlah Fakta Menariknya

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
26 January 2021 10:45
Presiden Joko Widodo dalam acara Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang

Jakarta, CNBC Indonesia - Kehadiran bank syariah terbesar di Indonesia tinggal menghitung hari. Sesuai jadwal penggabungan tiga bank syariah dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mulai efektif berjalan 1 Februari 2021, Senin pekan depan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembentukan bank syariah ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperkuat industri keuangan syariah di Indonesia. Entitas baru dari penggabungan tiga bank tersebut nantinya akan diberi nama PT Bank Syariah Indonesia (BSI) dan tetap menggunakan kode saham BRIS, karena entitas suvivornya adalah PT Bank BRISyariah Tbk.

"Kita memperkuat industri keuangan syariah dengan membangun satu bank syariah terbesar di Indonesia," kata Jokowi dalam Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang dan Peresmian Brand Ekonomi Syariah di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (25/1/2021).


Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang menyebut penetrasi perbankan syariah di Indonesia sangat jauh ketinggalan dibandingkan dengan bank konvensional.

"Kita liat opportunity penggabungan Himbara fokus syariah kita ingin hasil merger ini bisa membuktikan sebagai negara mayoritas muslim punya bank syariah kuat secara fundamental," kata dia dalam webinar Masyarakat Ekonomi Syariah, Jumat (22/1/2021).

Pemerintah pun telah menunjuk Ketua Project Management Office Integrasi dan Peningkatan Nilai Bank Syariah BUMN Hery Gunardi selaku direktur utama di bank syariah ini nanti.

Hery mengatakan saat ini bank ini tengah menantikan keluarnya izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga bank ini bisa beroperasi secara penuh ke depannya.

Berikut fakta-fakta atas penggabungan bank syariah ini yang perlu disimak sebelum penggabungan ini rampung.

Kehadiran bank syariah terbesar ini, membuat harga saham BRIS terus reli. Hari ini, harga sahamnya naik 0,62% ke harga Rp 3.260/unit. Jika dihitung secara year to date, saham BR sudah naik 876,05%. 

Merger 3 Bank Syariah Milik Himbara
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading