Jokowi Siap Sambut SWF, Ini Fakta Pengelola Dana Abadi RI

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
26 January 2021 09:17
Presiden Joko Widodo dalam acara Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang

Jakarta, CNBC Indonesia - Pekan ini, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengumumkan secara langsung pucuk pimpinan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) bernama Indonesia Investment Authority (INA).

Rencana ini menguat setelah sebelumnya Parlemen memberi sinyal persetujuan atas usulan nama-nama Dewan Pengawas yang disodorkan pemerintah melalui Panitia Seleksi yang terdiri dari Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama empat anggotanya Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan anggota Pansel dari unsur independen M. Chatib Basri.

Presiden Jokowi sebelumnya memang berkomitmen akan meluncurkan dana abadi atau Sovereign Wealth Fund (SWF) bernama Indonesia Investment Authority (INA) di awal tahun ini. INA ini menjadi Lembaga Pengelola Investasi (LPI) yang akan mengelola dana investasi termasuk infrastruktur.


"Di awal 2021 kita akan luncurkan SWF Sovereign Wealth Fund yang bernama INA, Indonesia Investment Authority," kata Jokowi saat membuka acara Outlook Perekonomian Indonesia 2021, secara virtual yang disaksikan di Hotel Kempinski, Selasa (22/12/2020).

Jokowi menegaskan, kehadiran SWF ini akan menjadi sumber pembiayaan baru untuk pembangunan Indonesia ke depan, jadi tidak hanya berbasis pinjaman, tapi bisa dalam bentuk penyertaan modal atau saham.

Dampaknya, akan menyehatkan perekonomian Indonesia, perusahaan BUMN-BUMN terutama sektor infrastruktur dan energi. "Sekarang sudah ada beberapa negara sampaikan ketertarikan antara lain AS, Jepang, UEA, Arab Saudi dan Kanada," jelas Jokowi.

Berikut ini sederet fakta mengenai SWF Indonesia yang dirangkum dalam pemberitaan CNBC Indonesia:

DPR Sudah Beri Lampu Hijau Nama Dewas LPI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading