Nasabah Kresna Life Depresi, Minta Tolong OJK Setop PKPU

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
21 January 2021 09:30
Puluhan Pemegang Polis Asuransi Kresna Geruduk Kantor OJK (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Para nasabah PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) dikabarkan mulai stres, depresi, dan jatuh sakit di tengah proses panjang perjuangan mengembalikan dana mereka yang hingga kini prosesnya malah berujung ke Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Padahal sebelumnya sudah ada kesepakatan dengan manajemen Kresna Life pada 7 September 2020 yang diajukan Kresna Life sebelum PKPU dan sudah disetujui oleh sebagian besar nasabah pemegang 8.054 polis untuk pembayaran cicilan.

Sebab itu para nasabah Kresna Life, dalam surat yang diterima CNBC Indonesia, meminta agar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghentikan PKPU yang sedang berlangsung, karena para nasabah menilai PKPU tersebut tampak direkayasa untuk kepentingan Kresna Life.


Selain itu, mereka juga mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta kepada OJK agar apapun transaksi keuangan yang menjurus ke fraud harus ditindak tegas.

"Pengawasan OJK juga tidak boleh mandul, tidak boleh masuk angin, harus mengeluarkan taringnya, dan menjaga kredibilitas dan integritas," kata Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2021 secara virtual, Jumat (15/1/2021), yang dikutip para nasabah.

Bahkan, di tengah kasus ini, sejumlah nasabah juga 'ambruk', terserang stres berkepanjangan, depresi, dan sakit.

"OJK dalam siaran persnya kan bilang mau ambil tindakan hukum untuk kepentingan nasabah secara luas, tapi sampai sekarang belum ada tindakan, sedangkan Kresna Life kasih proposal perdamaian/pembayaran yang membuat nasabah terpuruk. Jadi nasabah benar-benar sangat mengharap dan menantikan tindakan OJK," kata Nurlaila, salah satu nasabah, di Jakarta, Kamis (21/1/2021).

"Point kami sebenarnya satu yaitu OJK hentikan itu PKPU karena hanya OJK yang berwenang gitu. Nasabah korban Kresna Life mulai berjatuhan. Saking stres dan depresi," ceritanya dengan memberikan beberapa foto nasabah Kresna yang sedang terbaring sakit.

NEXT: Tindakan OJK

OJK Tak Pernah Restui PKPU Kresna Life!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading