Saham Antam Diserbu Investor, Nilai Transaksinya Meledak

Market - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
09 January 2021 15:00
Foto: Dok ANTAM

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Aneka Tambang (ANTM) pekan ini benar-benar menjadi incaran investor. Hal tersebut tampak dari akumulasi nilai transaksi saham Antamdengan jumlah yang sangat besar.

Dalam sepekan, total nilai transaksi saham Antamberdasarkan data BEImencapai Rp 13,8 triliun. Dengan volume saham yang ditransaksikan mencapai 5,8 miliar lembar saham.

Dalam periode yang sama sama, harga saham Antamtercatat melesat 34,37%. Jika dihitung dalam kurun waktu satu bulan, saham Antammelesat hingga 108,84%, dalam tiga bulan 263% dan dalam enam bulan terakhir 329%.


Apa sebenarnya pemicu kenaikan tinggi saham Antam? Benarkah cuitan putra bungsu Presiden JokoWidodo(Jokowi), KaesangPangarep, menjadi pemicu aksi borong investor pada saham Antam?


Secara fundamental, rasanya memang tidak ada kaitan postinganKaesang, yang memperkenalkan istilah Sangmology, dengan pergerakan harga saham Antam. Namun harus diakui, kicauan Kaesangtersebut membuat investor mulai menyimak potensi kinerja Antamdi masa yang akan datang.

Apalagi Indonesia, sedang berupaya untuk menjadi pemain utama di industri baterai listrik, yang bahan baku utamanya adalah nikel yang diproduksi Antam.

Terkait kicauan Kaesang di saham Antam,Kunto Hendraprawoko, SVP Sekretaris Perusahaan Antam, menjelaskan bahwa perseroan tidak memiliki kerja sama dengan media atau influencer dalam melakukan promosi saham perusahaan, menambahkan bahwa perusahaan saat ini fokus dalam penjualan beberapa produk tambang andalannya.

"Perseroan senantiasa fokus pada optimalisasi kinerja produksi dan penjualan komoditas utama nikel, emas, dan bauksit, melalui penerapan protokol kesehatan yang konsisten," katanya, dalam keterbukaan informasi di BEI, Kamis (7/1/2021).

Di tahun 2021, tegasnya, Antam juga terus meningkatkan nilai tambah produk, serta melaksanakan implementasi kebijakan strategis terkait dengan pengelolaan biaya yang tepat dan efisien serta dijalankan beriringan dengan situasi pandemi Covid-19 untuk dapat terus mencatatkan kinerja positif bagi para shareholder dan stakeholder.

Harga Nikel Melompat 8,4%
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading