Resmi! Pahala Jadi Wamen BUMN, Nixon Jadi Plt Dirut BTN

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 December 2020 14:29
Direktur Finance, Planning, & Treasury Bank BTN, Nixon L.P. Napitupulu

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah direktur utamanya dilantik sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) bakal dipimpin oleh Nixon L.P. Napitupulu sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama.

Nixon juga masih menjabat Direktur Finance Planning and Treasury Bank BTN.

Nixon mengatakan Bank BTN bangga Direktur Utama perseroan dipercaya menjadi Wamen BUMN. Namun demikian, ini tidak akan merusak fokus perusahaan untuk menjadi bank KPR terbesar di Asia Tenggara pada 2025 mendatang.


"Kami akan tetap melanjutkan visi sebagai The Best Mortgage Bank in 2025. Kami optimistis mencatatkan kinerja di atas target pada akhir 2020," kata Nixon dalam keterangan resminya, Rabu (23/12/2020).

Untuk diketahui, Nixon resmi bergabung di Bank BTN melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 17 Maret 2017. Terakhir, Nixon menduduki posisi sebagai Direktur Finance, Treasury, & Strategy sebelum didapuk sebagai Plt Direktur Utama Bank BTN.

Nixon juga merupakan seorang bankir yang cukup lama memiliki karier di Bank Mandiri meski sebelumnya telah lebih dahulu berkarir di PT Bank Ekspor Impor (Persero), cikal bakal Bank Mandiri.

Terakhir di Mandiri dia menjabat sebagai SVP Corporate Transformation Group pada Januari-Mei 2015 dan ditugaskan menjadi Head of Tim Transisi Bank JV. Kala itu dia memimpin tim pembentukan usaha patungan antara Bank Mandiri, Taspen dan Pos Indonesia.

Setelah sukses membentuk bank tersebut, dia pun ditunjuk menjadi direktur utama di PT Bank Mandiri Taspen Pos ini untuk periode Mei 2015-Maret 2017.

Adapun sebelumnya Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury baru saja dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN setelah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo dan mendapatkan panggilan langsung dari Menteri BUMN Erick Thohir. 

Pahala menggantikan Budi Gunadi Sadikin (BGS) yang ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Kesehatan.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading