Ramai Bankir Mandiri di Ring 1 Jokowi, dari BGS hingga Pahala

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 December 2020 08:20
Budi Gunadi Sadikin (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju pada Selasa kemarin, dengan mengganti 6 menteri yang akan dilantik pada Rabu pagi ini (23/12/2020).

Jokowi mengumumkan pergantian kabinet ini setelah pasar saham dan keuangan ditutup, ketika Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ambruk 2,31% di level 6.023,29 pada perdagangan Selasa kemarin (22/12).

Kemarin, Jokowi mengganti 6 menteri. Pertama Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial. Kedua, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Ketiga, Budi Gunadi Sadikin (BGS) menjadi Menteri Kesehatan. Keempat, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama.

Kelima, Sakti Wahyu Trenggono, menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Keenam, Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan.

Selain itu, Jokowi juga akan mengumumkan dan melantik wakil menteri (wamen) baru, mengingat salah satu dari 6 menteri yang diangkat Jokowi adalah Wamen BUMN BGS yang ditunjuk menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan.

Dengan demikian, kursi wamen BUMN tersisa satu kosong yang nantinya diisi Dirut PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN Pahala N Mansury.

"Wakil Menteri dilantik bersama para menteri. Salah satu Wakil Menteri Pak Pahala Mansury, Wakil Menteri BUMN," kata Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden, Rabu (23/12).

"Ada 5 orang [Wamen]," imbuh Heru.

Menariknya, beberapa nama baru, dan nama lama di ring 1 Jokowi adalah alumni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI)

NEXT: Berikut Profil Alumni Bank Mandiri:

Pahala Nugraha Mansury, Wamen BUMN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading