Keluarga Ongko Caplok RS Milik Sariaatmadja Rp 1,25 T

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
24 November 2020 09:18
Dok.Situs Omni Hospitals

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME), emiten pengelola rumah sakit Omni Hospital, milik Keluarga Ongko mengumumkan rencana mengakuisisi seluruh saham perusahaan pengelola rumah sakit milik Grup Emtek, PT Elang Medika Corpora (EMC) milik keluarga Sariaatmadja, senilai Rp 1,25 triliun.

Dalam prospektus yang disampaikan Presiden Direktur Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME), Maria Theresia Yulita menyatakan, pertimbangan akuisisi ini untuk untuk mendapatkan skala ekonomi lebih baik dengan adanya sinergi operasional usaha Perseroan terdiri atas 3 aspek.

Pertama, integrasi proses pengadaan termasuk pengadaan sumber daya manusia, peralatan kesehatan, dan bahan medis terkait lainnya. Kedua, penyatuan operasional penyediaan layanan kesehatan yang terintegrasi dan saling melengkapi bagi pasien dan para pengguna layanan Perseroan lainnya. Ketiga, optimalisasi pemasaran perusahaan dengan jaringan nasabah/pasien yang terkonsolidasi.


Saat ini, EMC merupakan induk perusahaan dan pemegang saham dari UNPM, Rumah Sakit EMC Sentul yang sebelumnya bernama Rumah Sakit Pertamedika Sentul dan UTPM, Rumah Sakit EMC Tangerang yang sebelumnya bernama Rumah Sakit Usada Insani yang merupakan perusahan-perusahaan yang bergerak pada kegiatan usaha aktivitas rumah sakit. EMC merupakan anak usaha Emtek yang dimiliki oleh keluarga Sariaatmadja.

"Dengan dilakukannya transaksi, Perseroan mengharapkan adanya efisiensi dalam operasional Perseroan sehingga hal tersebut dapat memberikan kontribusi positif atas kinerja keuangan konsolidasian Perseroan pada masa yang akan datang," kata Theresia, Selasa (24/11/2020).

Jumlah saham EMC yang akan diambilalih oleh Perseroan adalah 1,25 juta saham atau setara 99,99% saham dengan nilai nominal Rp 1 juta per saham.

Mengingat transaksi ini merupakan transaksi material karena nilai transaksi tersebut telah melebihi 50% dari ekuitas Perseroan, maka perseroan akan meminta restu pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perseroan ("RUPS") yang direncanakan akan diselenggarakan pada hari ini, 24 November 2020.

Seperti diketahui, mengacu kepada laporan keuangan audit perseroan per 31 Juli 2020, total ekuitas Perseroan sebesar Rp 557,35 miliar, sehingga nilai transaksi tersebut mencapai 225,15% dari total SAME.

Omni Hospital telah dibuka sejak September 1972. Keduanya berada dalam kendali manajemen OMNI Healthcare Group yang dimiliki oleh konglomerat Kaharuddin Ongko.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading