Perhatian! Bank Bukopin Akan Berubah Nama Jadi KB Bukopin

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
20 November 2020 18:11
Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A Purwanto Foto: Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A Purwanto

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) mengatakan salah satu strategi yang akan dilakukan tahun depan adalah mengubah nama menjadi KB Bukopin.

"Recovery dengan bisnis proses, termasuk rebranding nama Bank Bukopin akan menjadi KB Bukopin. Saat re-branding produk akan ikuti dan semua akan dijalankan dengan baik. Kekuatan nama, proses, seluruh karyawan telah melakukan transformasi, output bank akan semakin baik dan dipercaya," ujar Direktur Utama Bank Bukopin, Dirut Bank Bukopin, Rivan A Purwanto dalam CNBC Indonesia Award: The Most Inspiring Banks di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Proses untuk pergantian nama ini rencananya akan meminta persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 22 Desember 2020 mendatang.


Perubahan ini lantaran saat ini KB Kookmin, bank asal negeri Gingseng Korea Selatan telah menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin. KB Kookmin sendiri merupakan salah satu bank dengan profil menarik, yaitu bergerak pada pembiayaan UMKM dan mikro finance.

"Keunggulan menarik Bank Bukopin, UMKM 57% tertinggi diantara industri bank lain. KB Kookmin juga sama, kita akan terus memperbaiki," tegasnya.

Tahun depan, Bank Bukopin akan membawa grup band asal Korea Selatan, BTS ke Indonesia untuk menjadi brand ambassador.

"Saat ini masih melihat, mencermati apa yang bisa menjadi bagian transformasi. Yang menarik saat recovery, KB Kookmin memilih BTS, siapkan pada 2021. Tinggal negosiasi, membawa BTS ke Indonesia," pungkasnya.

Sebagai informasi, Fitch Rating Indonesia (Fitch) memperbaharui Peringkat Nasional jangka panjang milik PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) idAAA atau naik 4 notch dari peringkat idAA- yang diterima pada Agustus 2020.

Pembaharuan peringkat tersebut didasari oleh tuntasnya proses penambahan modal Bank Bukopin oleh KB Kookmin Bank, bank terbesar di Korea Selatan yang menjadi pemegang saham di Bank Bukopin sejak tahun 2018. Saat ini KB Kookmin Bank memiliki porsi saham di Bukopin sebesar 67%, dan sejak akhir Juli 2020 atas persetujuan Dewan Komisioner OJK, resmi menjadi Pemegang Saham Pengendali.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading