Ambisi Kookmin Ambil Alih Bukopin di RUPSLB 25 Agustus

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
24 August 2020 10:50
Dok: Bukopin

Jakarta, CNBC Indonesia - KB Kookmin Bank berambisi untuk menjadi pemegang saham pengendali tunggal dengan porsi kepemilikan 67% saham PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) melalui mekanisme private placement non-preemptive.

Namun, KB Kookmin Bank yang saat ini menjadi pemegang saham terbesar membutuhkan persetujuan pemegang saham dalam RUPS Luar Biasa pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono mengatakan dengan suntikan modal yang telah diberikan lebih dari US$ 200 Juta sesuai dengan non-preemptive private placement dan tambahan US$ 400 Juta diharapkan dapat memperkuat likuiditas Bank Bukopin. Kookmin yakin dapat membawa stabilitas yang sudah lama ditunggu Bank Bukopin. Bantuan likuiditas itu diharapkan dapat memperkuat fondasi Bank Bukopin untuk terus berkembang.


"Oleh karena itu, keputusan para pemegang saham dalam RUPSLB yang akan diadakan pada tanggal 25 Agustus 2020 harus berhasil disahkan dengan dukungan pemegang saham minoritas yang kuat," ujar Rivan dalam siaran pers, Senin (24/8/2020).

Sementara itu, President & CEO KB Hur Yin mengatakan, KB akan bertanggung jawab penuh terhadap Bank Bukopin. Kookmin akan menata ulang masa depan Bank Bukopin dan menciptakan bank transparan di Indonesia

Kedepannya, Kookmin akan menyempurnakan tim Sumber Daya Manusia Bank Bukopin yang akan bekerja sama untuk meningkatkan kinerja. Kookmin berencana untuk menciptakan Tim Pemulihan yang akan bertugas mengoptimalkan kinerja neraca Bank Bukopin.

Selanjutnya, Kookmin juga berencana menghadirkan Tim Digital (kolaborasi antara TI Bank Bukopin dan KB Kookmin Bank) yang berfungsi menciptakan platform mutakhir dan layanan New Customer Experience bagi Nasabah, terutama yang berada pada segmen Ritel dan mitra bisnis lainnya.

Kookmin yakin Transformasi yang akan terjadi di Bank Bukopin dengan dukungannya, dapat menetapkan standar perbankan baru di industri perbankan Nasional tentang apa yang dapat dilakukan lembaga jasa keuangan Indonesia bagi Nasabah dan pemegang sahamnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading