Resmi! Fitch Ratings Naikkan Peringkat Bukopin Jadi AA-

Market - dob, CNBC Indonesia
07 August 2020 19:30
Bank Bukopin (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga pemeringkat PT Fitch Ratings Indonesia mengumumkan kenaikkan peringkat PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) menjadi AA-(idn) dari sebelumnya BBB+ (idn) dan masuk dalam Rating Watch Positif.

Hal tersebut terungkap dalam publikasi di situs Fitch Ratings, Jumat (7/8/2020). Dalam memberikan pemeringkat, Fitch mengandalkan informasi faktual yang diterima, mulai dari emiten dan juga sumber lain.

Dalam menerbitkan pemeringkat, Fitch melibatkan para ahli termasuk auditor independen sehubungan dengan laporan keuangan. Adapun peringkat ini akan terus diperbaharui setidaknya satu kali dalam setahun.


Sebagai informasi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya mengeluarkan pernyataan efektif terkait dengan persentase KB Kookmin Bank terhadap Bank Bukopin. Melalui Surat Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK bernomor KEP - 98/D.03/2020 Tentang Pembelian Saham PT Bank Bukopin Tbk Oleh Kookmin Bank Co, Ltd. Menjadi Sebesar 33,9%.

"Dengan keputusan ini Kb Kookmin Bank dinyatakan efektif menjadi Pemegang Saham Pengendali bank Bukopin," demikian tertulis dalam keterangan resmi OJK.

Keputusan OJK ini mengukuhkan KB Kookmin Bank menjadi Pemegang Saham Pengendali Bank Bukopin. Dengan adanya keputusan ini, bank Bukopin dinilai akan semakin kuat menghadapi tantangan bisnis mengingat pengambilan keputusan dalam hal strategi tersebut bisa dilakukan oleh Pemegang Saham pengendali (PSP).


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading