Newsletter

Jelang Debat AS, Bagaimanakah Nasib IHSG?

Market - Chandra Dwi Pranata, CNBC Indonesia
23 October 2020 06:10
Laju bursa saham domestik langsung tertekan dalam pada perdagangan hari ini, Kamis (10/9/2020) usai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan akan memberlakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai Senin pekan depan.

Sontak, investor di pasar saham bereaksi negatif. Indeks Harga Saham Gabungan anjlok lebih dari 4% ke level 4.920,61 poin. Investor asing mencatatkan aksi jual bersih Rp 430,47 miliar sampai dengan pukul 10.18 WIB.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar keuangan Indonesia mayoritas ditutup di zona merah pada perdagangan Kamis (22/10/2020) kemarin. Nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sama-sama melemah, sedangkan harga obligasi pemerintah ditutup bervariasi.

Kemarin, IHSG ditutup melemah tipis 0,07% di level 5.096,44, dimana investor asing melakukan aksi jual bersih sebanyak Rp 116 miliar di pasar reguler.


Bursa Asia mayoritas ditutup melemah pada perdagangan Kamis (22/10/2020) kemarin. Tercatat 6 indeks saham melemah dan 5 indeks saham menguat, dimana bursa yang mengalami pelemahan terbesar ada di Jepang.

Sedangkan, nilai tukar rupiah melemah melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (22/10/2020). Saat penutupan perdagangan, rupiah berada di level Rp 14.640/US$, melemah 0,21% di pasar spot.

Tidak hanya rupiah, mayoritas mata uang utama Asia juga tumbang. hanya dolar Taiwan yang berhasil menguat. Sedangkan, Baht Thailand menjadi mata uang dengan kinerja terburuk, melemah 0,42%, disusul yuan China, dan rupiah menempati posisi terburuk ketiga.

Meski demikian, dolar sebenarnya tidak perkasa, aksi wait and see pelaku pasar yang membuat hari ini jadi milik dolar AS.

Kemudian harga obligasi pemerintah atau surat berharga negara (SBN) ditutup bervariasi pada perdagangan kemarin, ditandai dengan seimbangnya jumlah kenaikan dan penurunan yield SBN tersebut.

Pelaku pasar memantau pembicaraan seputar stimulus AS dengan ketakpastian yang terus membayang terkait bisa-tidaknya kesepakatan diraih sebelum 3 November. Namun demikian, komentar Kepala Staff Ketua DPR Nancy Pelosi, Drew Hammill, menjanjikan optimisme baru.

"Juru bicara dan Menteri Keuangan Mnuchin berbincang pada pukul 14:30 selama 48 menit. Pembahasan hari ini membawa kita kian dekat dengan penandatanganan legislasi stimulus," tulis Hammill dalam akun Twitter setelah penutupan pasar Wall Street.

Keduanya, lanjut dia, berencana bertemu lagi besok. Gedung Putih dan Partai Demokrat terus mempersempit jurang perbedaan seputar prioritas kesehatan, tapi masih banyak yang harus diselesaikan.

Namun, kabar dari Iran yang bakal bertindak untuk mencampuri pemilihan presiden (pilpres) AS dan Rusia telah mendapatkan informasi seputar pemilih membuat sentimen negatif yang telah ada menjadi bertambah. Hal ini menjadikan pelaku pasar semakin khawatir terkait sentimen yang datang.

Wall Street Ditutup Happy
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading